Posted on

Yuk Cari Tahu Resep Sayur Lodeh Nangka Khas Jawa Timur

Indonesia dikenal sebagai negara kaya akan aneka macam kuliner sedap yang ditawarkan di setiap daerahnya, tidak terkecuali dengan aneka kuliner khas Jawa Timur. Wilayah yang berada di bagian timur dari pulau Jawa ini, memiliki sebuah kuliner lezat yang diberi nama sayur lodeh nangka dengan rasa khas berasal dari aneka rempah yang digunakan. Apabila anda tertarik membuatnya sendiri di rumah, silahkan ikuti resep sederhana berikut.

Resep Sederhana Membuat Sayur Lodeh Khas Jawa Timur

  1. Beberapa Bahan yang Diperlukan

Sebelum membayangkan betapa lezatnya si kuliner kesayangan, pastikan untuk membeli semua bahan yang diperlukan. Dari sekian banyak bahan yang diperlukan, jangan sampai lupa untuk membeli 200 gram nangka muda yang dipotong menjadi kecil kecil. Agar tidak lupa, jangan lupa untuk mencatat semua bahan yang akan dibeli sehingga tidak ada lagi bahan yang terlupa.

Beberapa bahan lain yang harus disiapkan yaitu 300 gram kerecek basah dan potong sesuai selera, 1200 ml air bersih, 250 ml santan, 100 gram kacang panjang lalu potong sebesar telunjuk, 10 petai yang dibagi menjadi dua bagian, 100 gram tempe yang dipotong dadu, 8 lembar daun melinjo, 2 sdt garam, 4 cabai hijau diiris menyerong, 4 cm lengkuas yang dimemarkan, 2 lembar daun salam, 2 cm jahe dan memarkan, minyak goreng secukupnya, dan 2 sdt gula pasir.

  1. Siakan Aneka Bumbu Halus

Ketika semua bahan membuat lodeh nangka telah lengkap, saatnya fokus menyiapkan aneka rempah pilihan untuk membuat bumbu halusnya. Beberapa rempah yang wajib disiapkan yaitu 1 sendok makan ketumbar, 1 ruas jari kunyit, ½ sendok teh terasi, 3 buah kemiri, 1 buah cabai merah besar, 4 butir bawang merah, serta 4 siung bawang putih. Pastikan semua rempah tersebut telah tersedia sebelum melanjutkan pada tahap selanjutnya.

  1. Memulai Proses Pembuatan

Apabila semua bahan dan bumbu halus tersedia, mari memulai proses pembuatan sayur lodeh. Pertama tama, anda bisa memulai dari memanaskan air bersih dan tunggu hingga mengeluarkan gelembung. Setelah itu masukkan krecek, jahe, lengkuas, daun salam, gula, serta garam sesuai dengan takaran yang telah disediakan ke dalam rebusan air tersebut. Setelah air terlihat mendidih, diamkan terlebih dahulu dan masukkan ke tahap selanjutnya.

Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halusnya hingga tercium bau harum yang menggugah selera. Ketika dirasa sudah cukup, barulah masukkan petai hingga layu dan disusul dengan memasukkan tumisan plus petai ke dalam rebusan tadi. Setelahnya, masukkan nangka muda dan masak hingga empuk sebelum menuangkan santan. Tunggu selama beberapa menit hingga mendidih dan sayur lodeh nangka siap disajikan.

Terkenal akan rasanya yang sedap dan banyak disenangi oleh masyarakat Indonesia, membuat popularitas buah nangka tidak pernah surut di pasaran. Selain dikonsumsi secara langsung, anda juga bisa mengolahnya menjadi salah satu kuliner khas dari Jawa Timur yang diberi nama lodeh. Rasanya pun terasa khas dan isian sayurnya sendiri cukup beragam, sehingga akan terasa semakin nikmat ketika disajikan bersamaan dengan nasi hangat.