Posted on

Destinasi Wisata Alam di Kota Jember

Kota Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menyembunyikan seribu pesona alam. Banyak sekali panorama yang bisa kita nikmati ketika berkunjung ke Jember, bahkan alun-alun kota Jember pun menjadi tempat wisata yang tak pernah sepi pengunjung.

Jika kamu melakukan perjalanan ke kota Jember, rasanya kurang afdhol kalau belum mengunjungi destinasi wisata alam yang ada disana. Penasaran apa saja wisata alam yang ada di kota Jember? Yuk simak ulasan berikut ini yang kami kutip dari web wongjember.com tentang tempat wisata alam menarik di kota jember!

Destinasi Wisata Alam di Kota Jember

Pixabay.com

Wana Wisata Simbat

Bagi kamu yang hoby hunting foto-foto instagramable, kamu wajib datang ke Wana Wisata Simbat. Disana kamu akan disuguhkan dengan pesona alam dari ketinggian dan juga ada banyak spot foto instagramable yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto.

Tidak hanya spot foto kece dan panorama alam yang indah saja, kamu juga bisa menjajal flyinf fox yang sudah disediakan. Untuk harga tiket masuk, kamu tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam, cukup goceng Rp.5.000 saja kamu sudah bisa masuk.

Wana Wisata Simbat terletak di jalan Babatan, Karajan, Tamansari, Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Adapun jam buka dimulai dari jam 07.00 – 17.00.

Pantai Tanjung Papuma

Salah satu wisata alam laut yang ada di kota Jember dan banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Papuma. Pantai ini menyuguhkan panorama eksotis yang tidak akan kamu dapatkan di pantai manapun.

Pasirnya yang putih dan bersih, airnya yang jernih, serta ombaknya yang cenderung tenang akan membuat kamu semakin betah berlama-lama di Pantai Papuma. Bahkan, kamu juga diperbolehkan untuk berenang, diving, dan camping di Pantai Papuma.

Tidak hanya itu, kamu tentu akan dimanjakan dengan pemandangan langka. Ya, Pantai Papuma ini memiliki batu karang yang berdiri kokoh layaknya canti di sekitar bibir laut. Batu karang inilah yang kemudian menjadi pusat perhatian para wisatawan dan ramai pengunjung.

Pantai Papuma berada di jalan Raya Lojejer, Area Kebun, Lojejer, Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Untuk harga tiketnya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 7.000 di hari biasa dan Rp. 10.000 di hari libur. Jam buka dimulai dari jam 07.00 – 17.00.

Kebun Teh Gunung Gambir

Kota Jember memang lengkap destinasi wisatanya, sehingga kamu bahkan bisa menemukan perkebunan teh disana. Cobalah kunjungi Kebun Teh yang berada di lereng Gunung Gambir ini, kamu akan merasakan kesejukan dan ketenangan dengan hamparan kebun teh yang luas.

Tidak hanya menikmati indahnya kebun teh saja, kamu juga bisa mencicipi aktivitas lain seperti berenang, camping, menginap di gedung, bahkan mengadakan pertemuan besar sekalipun. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan beragam spot foto instagramable yang tidak boleh kamu lewatkan.

Kebun teh Gunung Gambir ini terletak di Lanasan, Gelang, Sumber Baru, Jember, Jawa Timur. Kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp.10.000 saja untuk tiket masuk. Sangat terjangkau bukan?

Puncak S89

Puncak S89 menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan. Sekalipun kamu harus melalui akses jalan yang cukup menantang dan jauh, tapi setelah sampai kamu tidak akan dikecewakan dengan panorama yang ditawarkan.

Dari atas ketinggian puncak, kamu bisa menikmati indahnya landskap kota Jember, panorama Gunu Argopuro, serta gagahnya Gunung Raung. Dijamin kamu akan terpukau dengan keindahan dari atas puncak S89.

Puncak S89 terletak di Kebonsari, Tembokrejo, Gumuk MAS, Jember, Jawa Timur. Jam buka dimulai dari pagi, yaitu jam 07.30 – 15.00.

Taman Botani Sukorambi

Pixabay.com

Jember juga menyajikan wisata berkonsep eco green park loh. Ya, Taman Botani Sukorambi. Disana tentu kamu bisa belajar sambil bermain dengan alam.

Beberapa hal yang bisa kamu pelajari adalah belajar teknik hidroponik langsung dengan ahlinya, mengenal satwa liar dan hewan ternak, hingga bermain di rumah pohon dan berenang di kolam pelangi.

Disana juga sudah disiapkan spot foto instagramable yang tiboleh kamu lewatkan. Taman Botani Sukorambi terletak di jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Jember, Jawa Timur. Untuk harga tiket cukup terjangkau, yaitu Rp. 12.000 hari biasa dan Rp. 20.000 hari libur. Jam buka 07.00 – 16.00.

Situs Duplang

Jika kamu ingin berwisata sambil mengenal sejarah, kamu bisa mengunjungi Situs Duplang. Tempat ini menjadi bukti jika peradaban kuno pernah berkembang. Luasnya tidak mencapai 10 x 10 meter, tetapi sudah menyimpan sejarah zaman megalithikum yang bisa kamu pelajari.

Di Situs Duplang, kamu bisa menemukan benda-benda peninggalan pada zaman megalithikum yang masih utuh, mulai dari lumpang batu, watu kenong, dolmen, menhir, dan peti batu yang digunakan sebagai kuburan. Situs Duplang berada di desa Kamal, kecamatan Arjasa, Jember, Jawa Timur.

Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak menjadi destinasi wisata alam di Jember yang masih sepi oleh pengunjung. Hal ini karena jalan akses menuju air terjun kurang mendukung. Tapi bagi kamu yang suka dengan tantangan, kamu bisa mencoba berkunjung ke Air Terjun Tancak.

Air terjun ini seolah sembunyi dibalik kacantikannya. Dengan ketinggian tebing 82 meter, tentu kamu tidak akan dibuat kecewa setelah melalui jalan sulit menuju ke air terjun. Air Terjun Tancak berada di area pegunungan Argopuro, Suci, Panti, Jember, Jawa Timur.