Posted on

Wajib Dihindari! Berikut Daftar Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Sebelum genap berumur 2 tahun, bayi harus menerima ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Maka dari itu, anda harus memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Karena, secara tidak langsung makanan akan mempengaruhi kesehatan si kecil. Buah memang baik untuk dikonsumsi, namun ada jenis buah yang dilarang untuk ibu menyusui. Apa saja? Berikut ulasannya.

Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

  1. Nanas

Ketika hamil, anda dianjurkan untuk menghindari konsumsi nanas karena buah tersebut dapat menyebabkan keguguran. Namun, bukan berarti setelah melahirkan atau saat menyusui anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi nanas. Justru di masa pemberian ASI, anda disarankan untuk tidak memakan buah ini. Karena, nanas dipercaya mampu membuat air susu berbau dan berasa kurang sedap.

Selain itu, adanya kandungan asam yang terdapat dalam buah nanas mampu menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada kulit bayi. Seperti, munculnya ruam di area dubur si kecil. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari buah satu ini, selama anda menjalani masa menyusui. Disamping untuk mempertahankan kualitas ASI, juga untuk menjaga kesehatan buah hati anda.

  1. Apel

Banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah satu ini. Hal ini dikarenakan, apel mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika anda sedang menjalani masa menyusui, buah tersebut justru harus anda hindari. Perlu anda tahu, konsumsi apel dalam jumlah berlebihan akan membuat buah hati anda mengalami susah buang air besar.

  1. Kiwi

Buah yang dilarang untuk ibu menyusui lainnya adalah kiwi. Sebenarnya, buah berambut halus tersebut sangat baik untuk tubuh, mengingat banyaknya vitamin yang terkandung di dalamnya. Namun, tingginya kandungan gula serta sifatnya yang asam menjadi salah satu alasan yang mendasari kiwi tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama fase menyusui.

Buah dengan kandungan gula tinggi tidak disarankan untuk dikonsumsi bayi. Hal ini dikarenakan, sebelum si kecil mencapai umur 3 tahun, kapasitas insulinnya belum bisa memecah gula dengan baik. Untuk menghindari bahaya kesehatan yang tidak diinginkan, maka ada baiknya anda menunda dahulu mengkonsumsi buah kiwi ini.

  1. Ceri

Mengkonsumsi buah ceri dalam jumlah sedang mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun, hal tersebut hanya berlaku untuk anak yang telah berusia di atas dua tahun. Kebiasaan mengkonsumsi ceri saat menyusui memungkinkan timbulnya gangguan kesehatan, seperti masalah lambung dan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan ceri yang mempengaruhi kualitas ASI.

Mengkonsumsi buah memang sangat dianjurkan untuk menambah kandungan nutrisi dalam ASI. Meskipun begitu, anda harus menghindari beberapa buah tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan si kecil. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, anda bisa mengkonsumsi beberapa buah yang aman untuk ibu menyusui, misalnya pepaya, melon, jeruk, dan lainnya.