Posted on

Tips Menjadi Peternak Telur Ayam

Belakangan ini telur ayam banyak diperbincangkan oleh para peternak mengingat permintaan akan telur ayam yang semakin meningkat. Beternak telur ayam menjadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan. Banyak keuntungan yang di dapatkan dengan bisnis tersebut meskipun resiko yang harus diterima pun besar karena telur mudah rusak dan busuk.

Telur ayam yang dihasilkan dari setiap jenis ayam berbeda – beda. Dua jenis ayam yang biasa dikembangkan adalah ayam pedaging dan ayam petelur. Diantara kedua jenis tersebut para peternak biasa memilih ayam petelur karena dapat menghasilkan telur secara berulang – ulang sebelum memiliki bibir ayam baru sehingga dengan ayam petelur akan menghasilkan keuntunga lebih besar jika dibandingkan dengan ayam pedaging.

Melihat banyaknya keuntungan yang diperoleh dari bisnis telur ayam membuat semakin banyak bermunculan orang yang mulai beternak telur ayam. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu tips untuk menjadi peternak ayam sukses, diantaranya :

  1. Memilih bibit ayam

Sebelum mulai beternak anda harus memastikan bahwa bibit ayam yang anda pilih adalah bibit terbaik. Para peternak ayam biasa menggunakan dua ras ayam, yaitu ayam yang menghasilkan warna telur coklat dan putih. Bibit yang akan dipilih adalah bibit yang sehat, memiliki bulu lebat rata dan tidak cacat fisik.

  1. Memilih pakan yang tepat

Pakan ayam dapat disesuaikan berdasarkan bibit yang telah dipilih sebelumnya. Secara umum, pakan ayam yang baik mengandung protein, karbohidrat, kalsium, vitamin dan mineral. Selain memperhatikan kandungan pakan, pastikan bahwa anda memberi makan sesuai dengan porsi kebutuhan.

  1. Pilih lokasi beternak

Lokasi beternak termasuk hal yang juga perlu untuk diperhatikan sebelum mulai berbisnis. Pastikan bahwa lokasi anda beternak jauh dari pemukiman warga. Selain bau ayam yang mengganggu warga, lokasi yang jauh dari pemukiman membuat ayam rentan stress. Selain itu, lokasi yang digunakan harus luas guna keluar masuknya kendaraan pengangkut.

Pastikan bahwa anda menjadi peternak telur ayam yang sukses dengan menerapkan beberapa hal tersebut. Namun perlu diingat, sebelumnya kuatkan niat dan kerja keras dalam diri agar memberi dampak yang baik bagi orang lain terutama diri sendiri.