Posted on

Tips Mengolah Bahan Parut Singkong Dengan Benar

 

Singkong adalah salah satu makanan sebagai sumber karbohidrat yang banyak disukai oleh masyarakat. Pasalnya, singkong dapat dijadikan menjadi beraneka ragam pangan olahan sesuai dengan kesukaan. Salah satunya adalah parut singkong yang bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan enak untuk disantap.

Memarut singkong memang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, tak semua orang bisa menghasilkan parutan singkong yang enak. Pasalnya, terkadang singkong yang diparut justru memberikan rasa pahit saat dikonsumsi. Berikut adalah cara terbaik untuk mengolah singkong dalam hasilkan makanan favorit.

Cara Mengolah Singkong Dengan Benar

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengolah singkong yang telah diparut dengan benar adalah mendiamkan singkong terlebih dahulu. Seharusnya anda diamkan terlebih dahulu 1 hingga 2 hari untuk menghilangkan rasa pahit. Selain itu, pendiaman ini juga berfungsi untuk menghilangkan racun sianida yang terdapat dalam singkong.

Pendiaman singkong dapat membuat racun sianida menguap. Sehingga anda bisa terhindari dari risiko keracunan akan sianida. Namun, jika anda telah mendapatkan singkong dari supermarket, maka singkong tersebut sudah siap untuk diolah.

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengolah singkong dengan benar adalah membersihkan singkong. Hal ini dikarenakan racun masih dapat tertinggal dalam singkong. Sehingga perlu dibersihkan dengan benar. Caranya adalah dengan memotong singkong menjadi bagian-bagian kecil dan kemudian bersihkan dengan air yang bersih.

Tak hanya itu saja, setelah dicuci dengan benar maka anda harus merendam singkong terlebih dahulu. Perendaman berfungsi untuk menarik racun dengan menggunakan air. Setelah direndam, maka cuci lagi singkong dengan air mengalir untuk memastkan jika singkong benar-benar aman dikonsumsi.

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk mengolah singkong dengan benar adalah dengan merebus singkong terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memasukan singkong jika air telah mendidih. Hal ini berlaku untuk segala jenis makanan olahan dari singkong untuk memastikan makanan yang dikonsumsi aman dan terkendali.

Singkong sendiri adalah makanan yang bisa diolah menjadi beragam pangan olahan sesuai keinginan. Khususnya jika parut singkong maka dapat diolah menjadi beragam jenis makanan dengan mudah. Parutan ini juga dapat disimpan di freezer untuk kemudian dapat diolah beberapa hari kemudian. Yuk mulai kreasikan makanan anda sesuai dengan keinginan karena singkong dapat menjadi makanan berhara jika diolah dengan benar untuk hidangan makanan keluarga tersayang.