Posted on

Tips Menerapkan Pola Makan Bayi 4 Bulan yang Baik

Pada umumnya bayi akan mengenal makan padat ketika memasuki usia 6 bulan. Sebelum usia 6 bulan bayi hanya menerima ASI untuk asupan makannya. Namun beberapa kasus bayi telah mendapatkan makanan selain ASI sebelum usia 6 bulan. Penerapan pola makan bagi bayi yang full ASI selama enam bulan tentu lebih mudah dilakukan. Bayi hanya membutuhkan ASI untuk pemenuhan nutrisinya. Lalu bagaimana pola makan untuk bayi yang sudah mengenal makanan selain ASI sebelum usia 6 bulan? Berikut ini penjelasan.

Bagi bayi usia 4 bulan yang telah mengenal menu selain ASI membutuhkan penerapan pola makan yang baik. Sebagai orang tua anda dituntut untuk bisa menyediakan menu makanan yang tepat untuk usia tersebut. Ada beberapa pilihan makanan padat yang cocok diberikan kepada si kecil di usia 4 bulan Menu yang pertama adalah puree buah. Buah yang bisa dibuat menjadi puree ini adalah buah pisang atau apel. Puree cocok dijadikan sebuah menu MPASI pada bayi usia 4 bulan.

Selain membuat puree dari buah anda juga bisa membuat puree dari sayuran. Ada banyak pilihan sayuran yang bisa dijadikan sebagai puree. Sayuran yang sering dijadikan puree adalah wortel, labu, ubi jalar, dan beberapa sayuran lain. Semakin bertambahnya usia bayi maka porsi makan bisa ditambah lebih banyak. Menu lain yang bisa diberikan kepada bayi usia 4 bulan adalah sereal bayi. Agar menu ini cocok untuk si kecil maka harus disajikan sesuai dengan petunjuk yang ada. Mengkonsumsi sereal sesuai dengan petunjuk akan menghindari masalah sembelit pada bayi.

Tips menerapkan pola makan yang tepat untuk bayi usia 4 bulan adalah dengan melalui pemilihan menu tersebut. Menu – menu di atas bisa dijadikan sebagai menu paling tepat untuk makanan bayi 4 bulan. Pastikan anak mendapatkan menu yang berbeda setiap hari. Kenalkan menu baru secara bertahap dan pastikan anak mendapatkan nutrisi dengan baik. Itulah tips menerapkan pola makan pada bayi 4 bulan.