Posted on

Tips Lampu Motor Lebih Terang Agar Aman Dijalan

Lampu depan yang terdapat pada sepeda motor memang sangat diperlukan saat sedang berkendara, terutama di malam hari. Itulah sebabnya para pemilik motor harus tahu tips lampu motor lebih terang untuk menjaga keamanan. Sayangnya, semakin lama lampu depan motor Anda akan berkurang kekuatan cahayanya dan menjadi semakin redup secara perlahan.

Sama seperti komponen kelistrikan pada umumnya, lampu depan motor juga bisa nyala dengan adanya aliran atau tegangan listrik. Semakin besar alirannya, maka semakin kuat pula cahaya lampu yang berpendar. Namun sayangnya, lampu depan pada sepeda motor ini hanya bisa dialiri listrik maksimal 12 Volt. Lalu bagaimana caranya agar lampu motor bisa lebih terang?

Penyebab Lampu Motor Menjadi Redup

Nah, untuk membuat lampu motor lebih terang Anda bisa memaksimalkan arus listrik yang mengalir ke lampu. Jika tidak ada hambatan, seharusnya lampu depan motor Anda bisa lebih terang dan cukup untuk penerangan di malam hari. Masalahnya, sering muncul hambatan yang mengakibatkan aliran listrik menjadi kurang maksimal dan cahaya yang keluar pun menjadi redup.

Jika sudah demikian, akan terlalu berbahaya digunakan berkendara di malam hari. Namun, menggunakan lampu yang terlalu terang dan tidak sesuai standar juga tidak disarankan karena bisa mengganggu pengemudi lain. Sebelum membahas tips lampu motor lebih terang, berikut ini faktor-faktor yang dapat membuat lampu motor Anda menjadi redup, antara lain:

  • Faktor Usia Lampu

Faktor utama yang sanat mempengaruhi kondisi atau kualitas lampu motor itu sendiri adalah faktor usia. Jika usia lampu pada motor Anda sudah lama sekali digunakan, maka tak heran jika cahayanya mulai meredup bahkan hampir mati.

  • Rangkaian Lampu Tidak Sesuai

Faktor kedua adalah rangkaian lampu yang memiliki tahanan yang terlalu besar sehingga menahan tegangan listrik. Hal ini pun membuat arus listrik yang tersalur ke lampu menjadi kurang maksimal, akibatnya cahaya yang keluar pun tidak maksimal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sambungan pada rangkaian yang tidak sesuai, terdapat kerak atau kabel yang tidak kencang.

  • Tegangan yang Lemah

Cahaya lampu juga dipengaruhi oleh tegangan yang dihasilkan oleh kiprok atau regulator dari dinamo alternator. Hal ini karena listrik dari tegangan itulah yang dipakai untuk lampu motor sehingga cahayanya tergantung dari besaran RPM mesin. Pencahayaan lampu bisa melemah jika tegangannya lemah dan bisa timbul masalah lainnya pada electrical motor.

Tips Lampu Motor Lebih Terang Benderang

Untuk membantu mengatasi masalah lampu motor yang mulai meredup, Anda bisa melakukan berbagai macam cara di bawah ini, antara lain:

  1. Pasang Relay Langsung ke Lampu

Relay itu sendiri akan berfungsi sebagai jembatan antara arus baterai dengan beban kelistrikan secara langsung. Jadi, dengan memasang relay maka akan ada peningkatan efektivitas kelistrikan yang membuat cahaya lampu lebih terang. Berbeda jika tidak dipasang relay, maka aliran listrik akan berbelit atau terhambat mengaliri lampu motor dan membuat cahayanya kurang maksimal.

  1. Pasang Arus Lampu Langsung dari Baterai

Seperti yang dijelaskan di atas, cahaya lampu sangat tergantung pada tegangan kiprok dan RPM mesin. Itulah sebabnya cahaya lampu akan semakin tarang jika motor di gas dan kembali redup atau mati pada posisi idle. Untuk membuat cahaya lebih stabil, Anda bisa menyambungkan arus lampu langsung dari arus utama yaitu baterai. Dengan begitu, saat RPM low cahaya lampu akan stabil dan tetap terang benderang.

  1. Ganti dengan Lampu LED

Tips lampu motor lebih terang bisa dilakukan dengan cara mengganti lampu Anda dengan LED yang cahayanya lebih terang dan stabil. Selain lebih terang, LED juga terbukti lebih hemat listrik dan sudah banyak digunakan untuk berbagi macam kebutuhan. Gunakan LED yang sesuai standar, cahaya lampu motor yang terlalu terang bisa mengganggu pengendara lainnya karena silau.

  1. Ganti Kiprok Motor

Tips lampu motor lebih terang selanjutnya yaitu mengganti kiprok motor, biasanya menggunakan kiprok vespa dengan daya konversi lebih tinggi.  Hal ini bisa dilakukan apabila tegangan dari kiprok motor Anda sudah melemah.

Melakukan perbaikan atau modifikasi pada lampu motor agar cahayanya lebih terang tentu saja diperbolehkan. Namun, tetap sesuai dengan aturan dan standar agar tidak membahayakan pengendara lainnya. Selain itu, pelajari juga owner manual guide pdf di internet agar berkendara dengan aman sesuai standar. Pastikan juga Anda memakai perlengkapan standar untuk menjaga keamanan dan keselamatan.