Posted on

Tips Cetak Foto yang Bagus dan Berkualitas

Ketahui tips cetak foto yang bagus dan berkualitas sehingga akan memberikan kepuasan tersendiri untuk mengabadikan banyak moment dalam setiap kejadian.

Foto menjadi salah satu bentuk pengabadian moment sehingga kita ingin memiliki hasil cetak dengan kualitas yang bagus. Oleh karena itu, Anda harus ketahui tips cetak foto  yang tepat mulai dari warna, kontras, dan kualitas kertas yang bagus sehingga tidak mudah rusak dalam jangka waktu dekat.

 

Nah, sekarang ini cetak foto juga banyak manfaat mulai dari brosur, pamflet, banner, koran, dan buku sehingga harus benar-benar paham tehnis cetak foto.

 

Tetapi, bagi pemula melakukan cetak foto yang bagus dan berkualitas memang tidaklah mudah. Jika masih bingung maka bisa download manual instrucstion.

Tips Cetak Foto Bagus dan Berkualitas

Terpikirkan olehmu untuk melakukan cetak foto yang bagus dan berkualitas? tentunya harus melalui beberapa tips yang terdapat di bawah ini.

 

  1. Tentukan Warna

Hal pertama yang harus diperhatikan saat cetak foto bagus yaitu satukan dengan warnanya, apabila saturasinya bagus maka akan membuat hasil cetak fotomu menjadi bagus. Sebagai salah satu tahap percetakan yang sulit adalah mengatur spektrum warna yang tidakmemberikan kesan bosan.

 

Salah satunya kalian bisa menetralkan keseimbangan warna fotomu sesuai dengan warna aslinya sehingga tidak berdasarkan ketajaman warna dengan saturasi yang tinggi agar spektrumnya tidak terlalu tinggi.

 

  1. Atur Kontras

Berikutnya, kalian juga harus bisa mengatur kontras foto sendiri agar hasil cetak fotonya menjadi bagus. Tujuan dari mengaturnya yaitu untuk tujuan estetik yang disesuaikan dengan level kontras.

 

Ketahuilah bahwa kontras merupakan cahaya yang dipancarkan oleh layar sehingga sering terlihat lebih kuat dipandang oleh komputer. Anda dapat menaikkan uji kontrasnya hingga hasilnya pas.

  1. Atur Ukuran dan Resolusi

Kalian dapat mengatur ukuran dan resolusi yang sesuai dengan ukuran kertas untuk dicetak agar gambar resolusi gambarna sesuai. Nah, gambar yang kualitasnya tinggi pastinya akan terlihat jernih dan terang gambarnya.

Pastinya gambar tersebut dilihat dari jarak dua meter atau 2 cm juga akan terlihat jelas. Dengan demikian maka akan memberikan kepuasan tersendiri agar gambar tersebut terlihat lebih bagus kualitasnya.

 

  1. Mengenal Pilihan Cetak Digital

Berikutnya, kalian juga harus mengenal pilihan cetak digital agar dapat menentukan jenis tinta yang bagus, kertas yang bagus, dan tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan cetak digital tersebut.

 

Jika ternyata biayanya lebih mahal, bahkan memunculkan adanya kegagalan saat melakukan cetak digital sebaikya kalian bisa memilih jasa cetak digital terdekat di daerahmu. Hal tersebut pastinya akan memudahkanmu untuk memiliki hasil foto dengan kualitas bagus, pastinya Anda harus menentukan budgetnya  terlebih dahulu.

 

  1. Mengerti Tinta

Setelah memahami teknologi cetak digital maka selanjutnya Anda juga harus memahami jenis tinta yang digunakan agar hasil fotonya bagus, tintanya jelas dan jernih. Apabila sampai salah pilih tinta pastinya akan membuat hasil fotonya jadi jelek, bahkan bermasalah.

 

Nah, disarankan kalian bisa menggunakan tinta dye dan pigment yang sudah pasti hasil cetak fotomu akan berkualitas dengan hasil yang jernih dan jelas.

 

  1. Memilih Kertas Yang Benar

Berikutnya, kalian juga harus memilih kertas yang benar agar hasilnya juga bagus. Salah satu recomendasi penggunaan kertasnya yaitu kanvas, logam, dan kain. Jadi, kalian harus memastikan penggunaan kertas foto yang dapat digunakan dalam waktu jangka panjang agar tidak mudah luntur.

 

Berikutnya, kalian juga harus tahu cara memasang kertasnya yang benar agar bisa sesuai hasilnya dengan resolution yang tepat agar hasil gambarnya juga lurus tidak miring sehingga terlihat bagus. Untuk mendapatkan hasil tersebut memang harus melakukannya berulang kali.

 

  1. Pilih Printer yang Berkualitas

Pastikan kalian juga menggunakan printer yang berkualitas untuk cetak foto karena tidak semua printer bisa mencetak foto dengan ketajaman warna yang bagus, mencetak dengan jumlah, dan mencetak dalam waktu cepat.

 

Jika, kalian sudah menemukan printer yang canggih pastinya akan membantumu untuk mendapatkan hasil cetak yang bagus juga.

 

  1. Tetap Pada Anggaranmu

Sebelum Anda mencetak foto, sebaiknya tetapkan dulu anggaranmu agar tidak kekurangan beberapa hal yang dibutuhkan seperti kertas dan tinta. Nah, hitungkan secara pasti lebih murah mana mencetak sendiri atau menggunakan jasa.

 

Apabila merasa masih kurang handal maka Anda dapat mencobanya menggunakan sedikit kertas foto saja.

 

  1. Minta Cetakan Percobaan

Ketika kalian akan mencetak foto maka coba dulu kemudian bisa melakukan ulang sehingga dari hasil percobaan tersebut kalian dapat melihat apa yang harus diperbaiki. Degan demikian kalian bisa menilai seberapa besar budget yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan hasil cetak foto yang bagus.

 

  1. Jangan Menggunakan Jasa Cetak Online

Disarankan untukmu agar tidak menggunakan jasa cetak online karena tidak semua dapat dipercaya. Oleh karena itu kalian bisa mencari jasa pencatakan foto secara online, apabila tidak ada maka Anda bisa mempelajari caranya secara manual dengan tehnik dan cara yang tepat.

 

Tentunya untuk menghasilkan foto dengan kualitas bagus kalian juga harus latihan berulang kali.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tips cetak foto yang bagus dengan tehnik dan cara yang tepat sesuai dengan budget yang dimiliki.