Posted on

Soal Tes Bahasa Inggris Masuk Kerja yang Harus Dipelajari

Seperti yang diketahui, kemampuan bahasa Inggris sangatlah diperlukan untuk menunjang karier seseorang. Bahkan beberapa perusahaan telah menerapkan ujian khusus dengan memberikan soal tes bahasa Inggris masuk kerja baik secara tertulis maupun wawancara. Nah, agar Anda bisa lancar melaluinya maka dibutuhkan latihan khusus guna mengasah kemampuan bahasa Inggris yang Anda miliki.

Lalu, bagaimana cara untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat? Salah satu caranya yaitu sering melatih diri dan mencari berbagai macam referensi tentang soal tes yang seringkali diujikan. Dengan sering melakukan latihan, secara tidak langsung kemampuan bahasa Inggris Anda semakin terasah. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa informasi seputar soal tes baik tertulis maupun wawancara.

Soal Tes Bahasa Inggris Untuk Masuk Kerja dengan Wawancara

Please introduce Yourself?

Pertanyaan pertama yang seringkali diungkapkan pada saat wawancara yaitu berkaitan dengan diri Anda. Perlu diketahui, pertanyaan semacam ini merupakan pertanyaan dasar yang seringkali ditanyakan baik saat wawancara bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk menjawab pertanyaan semacam ini, pastikan untuk memberikan pernyataan yang tepat, jelas dan mudah dipahami.

Anda harus menjelaskan siapa diri Anda, namun lebih banyak ke bagian latar belakang pendidikan dan keahlian yang dikuasai.  Contoh jawaban yang bisa diajukan ketika mendapatkan pertanyaan ini yaitu

My name is ridwan, I am a Accounting, graduated with honor from University of Malang. Even though Im a fresh graduate, I have experiences a Accounting in Surabaya Company…”

What is your Motivation Applying here?

Pertanyaan selanjutnya yang juga sering diajukan saat Anda melamar pekerjaan yaitu alasan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk menjawabnya secara jelas dan singkat. Pastikan untuk memberikan keyakinan bahwa salah satu alasan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut karena memiliki pengalaman yang cuku dan kemampuan yang memupuni di bidangnya.

Jawaban yang bisa Anda berikan saat mendapatkan pertanyaan semacam ini yaitu “Your company is one of my top choice, and I come here because my experience an interest are quite useful for this agriculture company”.

Do you Have Any Ambitions in your Life?

Satu lagi pertanyaan yang akan Anda temukan saat melakukan tes wawancara yaitu tentang ambisi yang Anda capai dalam hidup. Tujuan diajukannya pertanyaan ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar keinginan atau target yang ingin Anda dapatkan dalam pekerjaan tersebut.

Jangan menjawab dengan jawaban yang kurang relevan dengan pekerjaan tersebut. Pastikan Anda menyiapkan jawaban yang memang benar-benar logis dengan pekerjaan itu.

Jenis Soal Tes Tertulis saat  Masuk Kerja

General Aptitude Test

Tahapan tes pertama yang harus Anda lalui adalah General Aptitude Test atau biasa disingkat GTA. Tujuan utama tes tulis ini dilakukan yaitu untuk menguji kemampuan dan bakat yang Anda miliki. Selain itu, tes GTA ini juga digunakan untuk mengukur IQ dari peserta tes.

Untuk bisa mengerjakan secara optimal, maka disarankan untuk fokus karena beberapa soal membutuhkan konsentrasi penuh. Soal yang disajikan juga sangat beragam seperti linguistik, logika, numerik, dan pengetahuan umum. Untuk bisa mengerjakan soal jenis ini kunci utama Anda harus sering berlatih.

Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Tes selanjutnya yang juga harus Anda lakukan adalah tes tertulis untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan bahasa Inggris yang Anda miliki. Seperti yang diketahui, banyak perusahaan yang sudah mulai bersaing baik secara nasional maupun internasional. Kebanyakan perusahaan saat ini mencari karyawan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Hal tersebut bisa nilai tambah dan menjadi pertimbangan perusahaan memilih Anda untuk bekerja di sana. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa kemampuan bahasa Inggrisnya masih pas-pasan bisa mengikuti kursus di Kampung Inggris-World English yang ada di Pare. Nantinya di sana Anda akan diajarkan bahasa Inggris dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Tes Psikotes

Satu lagi tes yang harus Anda lakukan pada tahapan soal tes bahasa Inggris masuk kerja yaitu tes Psikotes. Sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing dengan tes yang satu ini karena sudah sering digunakan oleh berbagai perusahaan. Bahkan hampir semua BUMN ataupun perusahaan swasta telah menjadikan tes psikotes sebagai salah satu rangkaian recruitment karyawan.

Tujuan utama tes ini dilakukan yaitu untuk mengetahui kepribadian Anda yang sebenarnya. Dengan mengetahui kepribadian Anda tersebut, perusahaan bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Demikian ulasan tentang soal tes bahasa Inggris masuk kerja baik secara tertulis maupun wawancara. Dengan beberapa informasi di atas, semoga membantu Anda menyelesaikan rangkaian proses recruitment kerja yang sekarang ini dijalani.