Posted on

Survival di hutan

Kata survival dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan bertahan hidup. Survival di hutan bermakna cara bertahan hidup di hutan. Meskipun istilah ini tidak terlalu populer di Indonesia, namun di negara-negara berkembang, ilmu survival sudah banyak diajarkan sebab dianggap sangat penting sebagai langkah antisipasi kondisi tertentu yang tidak terencana.

Teknik survival di hutan sendiri ada bermacam-macam jenisnya, mulai teknik mencari makan, tempat berlindung, menyalakan api, menghindari serangan binatang buas, hingga cara mencari jalan pulang apabila anda tak sengaja tersesat. Meskipun hal ini nampak cukup mudah, namun sesungguhnya sangat dilakukan terutama apabila dalam kondusi tertekan panik.

Akan tetapi, pernahkah anda berpikir akan mengalami survival di hutan? faktor apa saja yang kemungkinan dapat membuat / memaksa anda merasakannya? Berikut penjelasannya:

Seribu faktor tuntutan survival di hutan harus dilakukan

Ketika mendaki gunung perawan

Tentu saja kemungkinan faktor ini akan sengaja dilakukan. Mendaki gunung melewati jalur pendakian tentu lebih mudah, karena pendaki tinggal berjalan sesuai dengan tapak jalanan. Berbeda bagi pendaki yang melakukan eksplorasi pendakian baru melewati hutan yang sama sekali belum pernah dijamah. Pernahkah terbayangkan?

Dengan jarak yang belum bisa terlalu diprediksi, maka pendaki harus siap untuk survival di hutan

Tersesat

Alasan kedua yaitu tersesat. Semisal tanpa terduga mobil anda mogok di tengah hutan, dan anda tak sadar bingung dari jalan yang anda lewati sebelumnya, maka sudah dipastikan anda harus memutar otak survival untuk dapat bertahan selama menunggu bantuan datang.

Melakukan petualangan

Bagi para pecinta alam, ilmu survival adalah ilmu yang menantang. Bukan hanya dipelajari, namun juga harus dipraktekkan. Biasanya eksplorasi hutan ini dilakukan oleh sekelompok komunitas yang berisi 3 sampai 4 orang. Dengan sengaja mereka memasukkan diri ke hutan tanpa membawa perbekalan. Sehingga mau tak mau mereka harus mempraktekkan teori yang dipelajari.

Untuk melakukan kegiatan ini, pastikan ditemani oleh ahli yang sudah berpengalaman. Terutama bagi para pemula.

Demikian gambaran singkat mengenai survival di hutan. semoga bermanfaat.