Posted on

Strategi Pemasaran 4P Dan Penerapannya Dalam Usaha

Melakukan kegiatan usaha dalam bentuk apapun tak semudah yang dibayangkan, perlu beberapa strategi yang dapat membuat barang atau jasa yang ditawarkan menjadi pilihan masyarakat dan selalu kembali digunakan. Sistem ini disebut dengan pemasaran. Setiap produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan atau badan usaha tertentu pasti perlu pemasaran untuk bisa mengenalkan produk mereka pada masyarakat. Pemasaran sendiri adalah proses yang dilakukan oleh produsen atau pemilik usaha agar produk yang dimiliki bisa laku dipasaran. Jenis pemasaran juga sangat variatif dan inovatif seperti strategi pemasaran 4P yang saat ini sangat booming di dunia usaha.

Bagi para pengusaha baru yang ingin produk mereka dikenal bisa menggunakan strategi ini sebagai media pemasaran yang tepat. Strategi 4P adalah teknik yang memakai empat media pemasaran yang meliputi product atau barang yang ditawarkan, price atau harga dari tiap barang, place yaitu tempat pengiklanan dan promotion atau cara mempromosikan yang paling tepat. Strategi ini disebut 4P karena kesemua layanan yang dipakai berawalan dengan huruf P. Lalu, bagi pengusaha yang ingin melakukan strategi ini langkah yang paling tepat adalah dengan mengikuti hal-hal yang akan dijelaskan selanjutnya.

Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Melakukan strategi untuk pemasaran terutama yang menggunakan 4P memang perlu untuk diperhatikan lagi sebab tahapan yang tepat akan mempermudah dalam proses penjualan barang atau produk yang mereka miliki. Di dalam sebuah usaha, butuh kesabaran dan juga semangat pantang menyerah saat produk yang dipasarkan belum dikenal oleh masyarakat. Pemilik brand kenamaan butuh waktu hingga puluhan tahun untuk bisa merajai pasaran dan begitu pula yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh masyarakat supaya tidak gampang menyerah begitu saja saat kegagalan tiba. Berikut penerapan 4P dalam strategi pemasaran:

  1. Product

Dalam penerapan strategi 4P, hal pertama yang harus dilakukan adalah produk. Tidak semua produk bisa diterima oleh masyarakat akan tetapi bagaimana cara seorang produsen atau pengusaha untuk membuat sebuah barang atau jasa yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan. Bagi pemilik usaha baru, bisa melakukan riset lebih dulu pada beberapa pelanggan atau calon konsumen terhadap produk yang saat ini paling dibutuhkan atau diminati oleh masyarakat. Minta pula kritik atau saran dari barang yang diproduksi agar tahu apa kelemahan dan bagaimana cara untuk menutupinya agar menjadi produk yang lebih baik. Tingkatkan kualitas produk yang dimiliki agar pembeli tidak kecewa ketika menggunakan produk tersebut.

  1. Price

Penentuan harga merupakan hal yang sangat mempengaruhi apakah pembeli mampu untuk membayar barang tersebut. Penentuan harga tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus melihat dari mangsa pasar yang akan diambil. Sebagai produsen yang memproduksi sebuah barang atau jasa, harus menentukan lebih dulu kiranya penjualan produk ini akan mengacu ke golongan apa. Tiap golongan juga akan membedakan kisaran harga yang akan diambil. Apabila nilai yang dipakai terlalu tinggi maka bisa jadi batang tersebut tidak akan laku dipasaran. Gambler harus memastikan harga yang digunakan bisa diterima oleh masyarakat.

  1. Place

Tempat untuk strategi pemasaran juga sangat penting. Pemilihan tempat untuk usaha akan menentukan ketertarikan masyarakat saat ingin membeli. Suatu produk tidak harus dijual di tempat yang sama seperti mereka membuatnya. Produk tersebut bisa dipasarkan di banyak tempat yang memiliki populasi atau aktivitas yang cukup padat tapi tetap produktif. Pemilihan tempat tak hanya melihat dari sisi strategis saja akan tetapi juga ketepatan sehingga masyarakat yang sekilas melihat ketika ingin kembali membeli mereka tidak akan kesulitan untuk mencapainya.

  1. Promotion

Yang paling penting adalah bagaimana cara untuk mempromosikan produk tersebut. Seperti yang sudah diketahui promosi lah yang paling berpengaruh saat seseorang ingin membeli produk tersebut. Sistem promosi tak hanya dilakukan secara langsung dari mulut ke mulut tetapi juga Melalui media cetak, televisi hingga promosi secara online agar menarik perhatian. Salah satu cara untuk melakukan promosi dengan tepat adalah menulis kalimat yang menarik perhatian masyarakat ketika membacanya. Contoh kalimat yang bisa membangkitkan rasa penasaran seseorang adalah Peluang Usaha Jual Depot Air Minum Isi Ulang. Dengan kata-kata yang menarik ini calon konsumen akan meluangkan waktu untuk membaca atau melihat iklan sehingga mereka tahu produk apa yang ditawarkan.

Keuntungan Menggunakan Strategi 4P

Menggunakan strategi yang tepat seperti 4P memang memiliki keuntungan dan keunggulan yang bisa dilihat. Tetapi dalam sistem pemasaran yang saat ini berkembang, semakin kreatif pihak marketing dari suatu badan usaha maka potensi untuk barang laku juga makin besar. Dengan persaingan yang makin lama makin besar menuntut banyak pihak makin inovatif untuk menyediakan barang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tak jarang seseorang melihat barang dari harga yang dimiliki. Pada beberapa kalangan masyarakat, harga barang masih mendominasi pembelian dari pada kualitas. Para produsen harus memutar otak lebih supaya nantinya barang yang dihasilkan bisa terjual di pasaran. Salah satu keunggulan menggunakan strategi 4P adalah barang yang akan dijual jauh lebih dikenal oleh masyarakat.