Posted on

Sembuhkan Tipes, Yuk Kenali Ciri Ciri Cacing Tanah Di Sini

Setiap cacing memiliki karakteristik yang berbeda beda, tentu diimbangi dengan fungsi yang berbeda pula. Anda dapat memanfaatkan hewan tidak bertulang belakang ini dalam kehidupan sehari hari, seperti beternak hewan, mengemburkan tanah, atau menyembuhkan luka. Hal itu dapat dilakukan jika memilih cacing yang tepat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengenali ciri ciri cacing tanah. Ingin tahu selengkapnya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Karakteristik Cacing yang Hidup di Tanah

  1. Avertebrata

Avertebrata adalah sebutan untuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Oleh karena itu, tubuhnya sangat lunak dan umumnya memiliki ruas ruas. Beberapa jenis cacing memiliki ruas yang tidak tampak, tetapi ada pula yang tampak. Tubuhnya terdiri atas dua bagian, yaitu bagian depan yang disebut anterior dan bagian belakang yang disebut posterior. Tubuhnya tidak punya kerangka bagian luar, pelindungnya hanya kulit bagian luar yang disebut kutikula.

  1. Tidak Memiliki Alat Gerak

Manusia memiliki ciri utama yaitu dapat bergerak, tetapi cacing tidak memiliki alat gerak. Alat gerak yang membuatnya dapat berpindah pindah, yaitu otot otot tubuh. Ciri ciri cacing tanah ini memiliki otot tubuh yang tebak dan panjang di sepanjang tubuhnya. Otot tubuh ini memiliki panjang yang beragam karena setiap jenis cacing di dalam tanah ini memiliki panjang tubuh yang berbeda pula. Untuk memudahkannya bergerak di dalam tanah, cacing memiliki lendir di tubuhnya.

  1. Tidak Memiliki Mata

Jika pada umumnya makhluk hidup memiliki mata untuk memudahkannya dalam bergerak, hal itu tidak dimiliki oleh cacing. Lalu bagaimana hewan tanpa alat gerak ini dapat pindah tempat? Hal ini tentu mengganjal di dalam benak anda, tetapi cacing dianugerahi prostomium yang ada untuk menutupi mulutnya. Organ ini mampu merasakan sesuatu yang ada di sekitar atau depan tubuhnya. Bentuk prostomium ini menyerupai bibir dan berfungsi mirip indra penglihatan.

  1. Tidak Memiliki Alat Pernapasan

Ciri ciri cacing tanah yang terakhir adalah tidak memiliki alat pernapasan. Tentu setiap makhluk hidup harus bernapas, tetapi setiap organnya berbeda beda. Cacing bernapas melalui kulit yang menutupi tubuhnya. Kulit ini juga berfungsi untuk melindungi tubuhnya karena tidak memiliki kerangka luar sebagai pelindungnya. Di kulit luar juga terdapat seta yang mampu membuat hewan ini melekat erat pada sebuah permukaan benda, sehingga ia tidak mudah jatuh.

Mengenal cacing melalui karakteristiknya sangat penting karena setiap hewan memiliki ciri yang berbeda. Ciri ini berguna untuk membedakan setiap makhluk hidup agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan sesuai fungsinya. Cacing yang hidup di dalam tanah ini memiliki manfaat yang beragam untuk manusia. Salah satunya untuk pakan campuran hewan ternak agar ternak yang dihasilkan memiliki daging yang banyak dan tubuh hewan ternak besar. Semoga bermanfaat!