Posted on

Rumah Hook Minimalis

Siapa yang belum mengenal rumah hook? Dikalangan masyarakat modern ini pasti banyak yang sudah mengenal terkait rumah hook. Rumah hook yang berada di tepi jalan dengan keadaan terbuka ini memiliki mitos yang berlebihan. Banyak anggapan bahwa rumah hook itu tidak menguntungkan, serta akan menambah hal-hal negatif di dalam rumah dan lain sebagainnya. Hal itu adalah anggapan masayarakat terdahulu. Di era modern ini apakah anda termasuk orang yang percaya dengan mitos-mitos yang bertebaran tersebut?.

Disebut rumah hook merupakan rumah yang posisinya terletak di paling ujung sebelah jalan atau ruas perumahan. Posisi rumah hook yang tidak berhimpitan dengan rumah lain membuat sisi lain dari rumah tersebut terbuka. Rumah ini juga baik digunakan untuk bisnis karena letak yang strategis. Namun setiap lokasi diperumahan maupun jenis rumah yang ada termasuk rumah hook minimalis masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pintar-pintar arsitek dalam membangun rumah atau bangunan lainnya.

Kelebihan Rumah Hook

Pixabay.com

Di negara Indonesia sendiri, mitos terkait rumah hook ini tidak begitu mempengaruhi pemikiran masyarakat. Pasalnya  mitos-mitos tersebut tidak menganggu aktivitas maupun kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa beberapa masyarakay percaya dan bisa jadi terganggu dengan mitos tersebut.  Dan faktanya kebanyakan masyaakat Indonesia mengincar rumah berjenis ini. Bagi rumah hook minimalis begitu memikat mata masyarakat Indonesia. Alhasil, kebanyakan masyarakat Indoesia membangun jenis rumah ini, meski pun letak bangunan tidak berada di ruas jalan. Namun tetap, desain dan suasana sengaja diciptakan agar mirip dengan bangunan rumah hook.

Biasanya kawasan rumah hook ini lebih luas dari pada halaman rumah yang lain. Pasanya rumah hook ini mepet dengan ruas jalan yang dapat digunakan sebagai halaman atau tempat lainnya. Sering sekali rumah minimalis jenis ini menjadi incaran dikarenakan halaman yang lebih luas membuat para penghuni bisa memperluas bangunan itu sendiri.

Biasanya rumah jenis ini ditandai dengan lahan kosong yang sengaja dibuat untukpembatas dan sebagai tanda akhir kompleks itu sendiri. Tak heran jika rumah hook dipatok dengan harga yang lebih tinggi daripada yang lain. Dan tak bisa dipungkiri bahwa jenis rumah hook lebih cepat terjual dari pada rumah biasanya.

Tak jarang juga karena kestrategisannya rumh seperti ini bisa dijadikan lahan bisnis. Dengan adanya posisi halaman rumah hook yang terbuka dibeberapa arah dapat dialih fungsikan sebagai area bisnis. Pemiik rumah jenis ini bisa mendirikan toko maupun yang lain untuk menambah pemasukan finansial. Biasanya juga, lahan di sebelah rumah dapat disewakan untuk pemasangan iklan. Pada dinding bangunan yang terbuka juga dapat diletakkan iklan pula. Dan pasti hasilnya lebih memuaskan.

Tak hanya itu, pemaksimalan area lahan begitu memungkinkan bagi pemilik rumah hook ini. Bagi anda yang suka berkreasi untuk memanfaatkan halaman sekitar, rumah hook ini begitu coocok anda gunakan. Pasalnya rumah yang memiliki lahan lebih luas dapat digunakan untuk mendekorasi halaman. Bisa juga pemilik dapat bersantai pada pagi dan sore hari. Dapat menjadi area keluarga maupun taman bermain anak-anak.

Adanya luas halaman yang maksinal juga membuat rumah dapat mudah dibongkar pasang. Apabila pemilik bosan dengan desain rumahnya, halaman yang tersedia pada rumah hook ini dapat digungsikan. Berbeda dengan rumah yang bukan hook atau lebih dikenal dengan non hook. Rumah bukan hook begitu sulit untuk melakukan pembongkaran karena ketidak bebasan lahan atau lahan minim.

Akses yang dimiliki oleh bangunan ini pun lebih mudah dibanding non hook. Jadi pemilik dapat menggunakan alternatif lahan sebagai akses kendaraan lain atau sebagainnya. Kembali pada luas lahan yang dimiliki oleh rumah hook, peluang bisnis dan akses lebih mudah.

Kelemahan Dari Rumah Hoo

Pixabay.com

Pastinya suatu hal yang memiliki sebuah kelebihan akan diiringi dengan kekurangan. Begitu pula dengan rumah hook ini. Biaya pajak yang dikeluarkan justru lebih banyak dari pada rumah non-hook. Pasalnya lahan yang luas membuat tarif pajak semakin mahal. Selain itu posisi yang terbuka dengan membuka akses jalan yang lebih luas membuat tarif pajak pun semakin bertambah. Beban pajak rumah hook ini begitu mahal dibandingkan tarif pajak rumah biasa.

Dengan adanya akses jalan yang lebih luas juga membuat polusi udara semakin maksimal. Hal ini perlu dipertimbangkan oleh pemilik rumah jenis hook. Namun, pemilik juga dapat menanggulangi dengan tanaman hias kebun di sekitar rumah.

Atau bahkan rumah hook ini rawan kemalingan karena lahan yang lebih terbuka. Namun hal ini juga dapat ditanggulangi denga pembuatan pagar yang lebih tinggi maupun tanaman yang berduri. Meski adanya kekurangan dan kelebihan pada jenis rumah ini, dalam pembangunan rumah hook tidak boleh semabarangan atau ngawur. Perlu adanya hati-hati dalam pembangunan. Halaman luas juga dapat menyebabkan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Berjaga-jaga begitu diperlukan, tidak hanya pemilik jenis rumah hook saja, melainkan semua kalangan pemiliki segala jenis rumah perlu berhati-hati.

Setelah membaca artikel diatas anda dapat menimbang atau mempertimbangkan penggunaan rumah hook.