Posted on

Resiko Kesehatan Jika Ibu Hamil Sering Begadang

Rasa mual, pegal, kram, sesak napas, kesemutan hingga keinginan untuk selalu buang air kecil dan bolak –balik ke kamar mandi sering kali menjadi hal yang mengganggu ibu saat masa kehamilan. Terlebih lagi jika hal ini terjadi pada malam hari, yang bisa saja membuat ibu hamil kesulitan tidur. Padahal sebenarnya kebiasaan kurang tidur adalah hal yang perlu dihindari, karena resiko terkena bahaya begadang bagi ibu hamil semakin meningkat. Berikut beberapa kondisi medi yang cukup berbahaya bagi ibuh hamil akibat terlalu sering begadang:

  1. Anemia

Ibu hamil yang terlalu sering begadang akan menggangguproses kelancaran produksi sel darah  merah atau lebih dikenal dengan istilah anemia. hal ini akan mengakibatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh termasuk janin menjadi terhambat. Padahal janin membutuhkan asupan oksigen dan sari-sari makanan agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Untuk mengatasi anemia, sebaiknya ibu hamil menambah asupan zat besi melalui makanan seperti ayam, daging merah, kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau gelap. Ibu hamil juga disarankan mengonsumsi vitamin C agar penyerapan zat besi lebih cepat.

  1. Tekanan darah tinggi

Hipertenti atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah seseorang melebihi 140/90 mmHg. Beberapa faktor penyebab kondisi ini adalah keturunan, kebiasaan merokok, kelebihan berat badan hingga kurang tidur. Hipertensi pada ibu hamil menyebabkan janin kekurangan gizi dan oksigendari si ibu. Ini terjadi akibat aliran darah yang mengalir ke plasenta mengalami penurunan. Hipertenti juga mengakibatkan resiko ibu hamil  terkena preeclampsia, yakni kenaikan kadar protein pada urine. Oleh karena itu penting bagi ibu hamil menghindari kebiasan tidur terlalu larut malam.

  1. Komplikasi persalinan

Beberapa penelitian mengungkapkan jika terdapat hubungan antara durasi dengan kualitas tidur ibu hamil terhadap komplikasi persalinan. Ibu hamil yang memiliki durasi waktu tidur kurang dari enam jam per hari, akan lebih beresiko mengalami masalah persalinan. Penyebab utamanya adalah begadang dapat mengganggu sistem imun tubuh ibu hamil. terlebih lagi jika masih dalam trimester pertama, tubuh ibu hamil akan cepat lelah dan beresiko keguguran.

Nah, anda sudah tau bukan bahaya begadang bagi ibu hamil yang perlu dihindari? Usahakan anda selalu memperoleh jam tidur yang cuku dan berkualitas, setidaknya 8 jam per hari. dengan tubuh ibu hamil yang senantiassa sehat, maka bayi yang dikandung juga akan terlahir dengan sehat.