Posted on

Yuk Intip Model Rak Sepatu Dari Paralon

Sepatu yang berserakan dimana-mana tentu sangat mengganggu sekali dan akan memberi kesan yang berantakan. Agar terlihat lebih rapi, sebaiknya disusun menggunakan rak sepatu. Barang ini wajib sekali untuk kamu miliki di rumah. Apalagi, sekarang sudah banyak yang menjualnya dengan berbagai jenis. Berikut beberapa model rak sepatu dari paralon yang bisa menjadi referensi untuk anda dirumah.

Model Rak Sepatu Unik Dari Paralon

  1. Rak Sepatu Unik Minimalis

Membuat rak sepatu tak hanya bisa menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dengan harga mahal. Akan tetapi juga bisa menggunakan bahan bekas yang ada di rumah salah satunya adalah dengan menggunakan yang ada. Model rak sepatu unik satu ini bisa menjadi inspirasi untuk anda karena cara membuatnya sangat mudah dan bahannya pun seadanya.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan bahan yaitu pipa paralon panjang dan paralon L sebagai penghubung. Lalu potong sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Jika anda sudah memotong pipa sesuai ukuran dengan jumlah yang dibutuhkan maka selanjutnya anda hanya tinggal menggabungkan semua pipa yang telah dipotong hingga menjadi rak sepatu. Sangat mudah bukan ?

  1. Rak Paralon Dinding

Model rak sepatu dari paralon selanjutnya adalah rak paralon dinding. Desain rak ini hampir sama dengan rak unik minimalis sebelumnya, hanya saja yang membedakan adalah rak ini di tempelkan di dinding sedangkan rak unik sebelumnya tersusun seperti rak pada umumnya. Bahan yang digunakannya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan pipa paralon, lem, gunting dan paralon L sebagai penghubung.

Untuk cara membuatnya yang pertama anda harus lakukan adalah memotong pipa sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Jika sudah terpotong semua, lalu rangkai pipa tersebut hingga menjadi sebuah papan untuk penyangga sepatu. Kemudian langkah terakhir adalah tempelkan pipa tersebut di dinding dengan menggunakan lem. Jika ingin lebih kuat maka anda bisa menggunakan penyangga kayu yang dipaku ke tembok agar lebih kuat.

  1. Rak Dinding Pipa PVC

Model rak selanjutnya adalah rak menggunakan pipa PVC dengan diameter yang agal besar dari model pipa sebelumnya. Jika anda pintar menata maka rak ini akan menghiasi dinding anda dengan sempurna. Tak hanya itu rak ini juga akan memberikan kesan vintage pada ruangan, apalagi jika anda mewarnai pipa dengan warna pastel atau coklat muda.

Cara membuat rak ini sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan pipa PVC dengan diameter 6-7 inci. Jika anda tidak suka dengan warna putih atau warna lain pada pipa maka anda bisa mengecat sesuai keinginan. Setelah anda mendapatkan pipa PVC dengan ukuran panjang yang sama dengan jumlah yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya anda bisa langsung menggabungkan semuanya.

Anda bisa menggunakan lem Grolla Glue atau lem pipa lainnya. Untuk menyatukan semua part, anda bisa menyusun sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Namun hal yang paling penting adalah anda harus menyesuaikan dengan space yang ada di ruangan atau rumah anda. Jika rumah anda minimalis maka anda bisa menyusun paralon ini secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan.

Anda bisa memulainya dengan mengelem sisi pipi sehingga terbentuk menjadi beberapa baris untuk membuat bagian dasarnya. Pastikan anda mengelem semua pipa dengan merata dan benar. Agar lem merekat dengan kuat maka apit pipa-pipa tersebut dengan benda yang berat sehingga bentuknya tidak berubah saat dilem dan sesuai dengan keinginan.

Setelah bagian dasarnya selesai, anda bisa melanjutkannya dengan jumlah yang terus meningkat hingga membentuk pola atau susunan yang unik dan menarik. Anda juga bisa menambahkan pita atau tali di pinggiran pipa agar tidak terlihat polosan. Tak hanya dapat dibuat sebagai tempat sepatu, namun rak dinding ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk memajang benda-benda lucu lainnya seperti aksesoris hingga mainan anak.

  1. Rak Susun

Model rak sepatu dari paralon selanjutnya adalah rak susun yang sangat mudah sekali cara pembuatannya. Namun untuk membuat rak ini tidak hanya menggunakan pipa saja sebagai bahan dasar, akan tetapi juga menggunakan papan sebagai penyangga. Modelnya hampir sama dengan rak minimalis pada poin pertama, hanya saja yang membedakan adalah bahannya.

Cara membuat rak satu ini sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan potongan pipa, papan dan sedikit lem. Setelah semua komponen siap maka anda tinggal langsung menggabungkan semuanya hingga menjadi sebuah rak yang sederhana dan minimalis. Pastikan anda memasang semua komponen dengan rapat dan kencang agar rak tidak mudah rusak.

  1. Meja Sepatu Vintage

Model rak sepatu dari paralon selanjutnya adalah adalah rak yang memiliki bentuk seperti meja dan hanya terdiri dari dua susun aja. Desain dari rak ini sangat unik karena bentuknya yang tidak terlalu tinggi dan tambahan papan kayu diatasnya menambah kesan vintage. Cara membuatnya pun sangat mudah, anda hanya memerlukan pipa dan papan kecil sebagai alas diatasnya.

Rak ini tak hanya bisa digunakan sebagai tempat sepatu namun juga bisa ditaruh pot bunga di atasnya agar tampak indah. Untuk cara membuatnya anda hanya perlu memotong pipa sesuai dengan ukuran yang diinginkan tapi juga tidak terlalu tinggi. Karena konsep dari rak ini mengusung tema vintage maka pastikan anda menggunakan ukuran yang pas yaitu sekitar 200 x 250 cm.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah potong pipa sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Kemudian anda gabungkan semua potongan pipa tersebut hingga menjadi sebuah rak susun. Lebar bagian bawah rak harus sedikit lebih lebar dari alas rak bagian atas untuk menambah kesan mewah. Jika semua kerangka paralon sudah terpasang semua maka langkah terakhir anda tinggal memasang papan di atasnya dan rak sepatu pun sudah siap untuk menghiasi ruangan anda.

Bagi para pecinta sepatu bahwa sepasang atau tiga pasang tidak begitu cukup bahkan ada juga yang membuat ruangan khusus untuk menata beberapa koleksi sepatunya. Apalagi seperti kalangan selebritis, satu ruangan saja tidak akan cukup. Dan tidak jauh berbeda dengan kita yang suka mengoleksi sepatu. Itulah beberapa model shoe rack ideas yang bisa menjadi inspirasi untuk anda semua dirumah.