Posted on

Yang Perlu Diputuskan Sebelum Menentukan Desain Rak Dinding Dapur

Tidak sulit untuk mencari tempat yang melayani jasa pembuatan rak dinding dapur. Bahkan, ada juga yang sudah jadi. Tinggal order, lalu pasang di dapur Anda.

Namun, memilih rak dinding untuk dapur tidak semudah memilih baju. Ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan. Apalagi jika Anda ingin sekali memiliki rumah yang semua ruangan tertata dengan rapih. Anda pasti tidak akan main-main dalam menentukan sebuah pilihan.

5 Hal yang Wajib Dipertimbangkan

Mungkin Anda sudah membaca majalah tentang properti atau desain interior rumah. Atau Anda sudah berselencar di internet untuk mencari tahu desain rak dingin dapur yang bagus. Semua itu Anda lakukan untuk mendapatkan ide seperti apa rak dapur Anda nanti.

Tentu saja apa yang Anda lakukan itu hal yang tepat. Namun, akan lebih tepat lagi jika Anda mempertimbangkan 5 hal berikut ini. Karena sebagus apapun desain yang Anda suka, jika ternyata tidak sesuai dengan kondisi dapur Anda, maka itu menjadi hal yang sia-sia belaka.

  1. Material

Lupakan dulu masalah desain. Fokus pada material. Tentukan dulu material apa yang ingin Anda pilih untuk rak dapur Anda. Apakah stainless steel, kayu jati, atau blockboard? Sekarang ini, yang sedang trend itu blockboard yang dilapisi dengan vinyl. Dengan bahan ini, tampilan rak dapur Anda bisa terlihat sangat minimalis dan modern. Selain itu, bahan ini tidak terlalu berat sehingga lebih mudah dipasang di rak dinding.

pexels.com
  1. Kegunaan

Namaya rak dinding pasti digunakan untuk menaruh alat-alat masak. Namun, bukan itu intinya. Yang jadi pertanyaan adalah alat-alat masak seperti apa yang akan Anda simpan di rak dinding tersebut?

Maka dari itu, sebelum membuat desain rak dinding untuk dapur, ada baiknya Anda juga hunting alat-alat dapur yang Anda sukai. Kumpulkan semuanya. Baru kemudian Anda bisa membuat desain raknya sesuai dengan semua alat dapur yang Anda beli tersebut. Jadi, rak dapur Anda akan sesuai dengan kegunaan.

Anda pasti tahu rak dapur dingin sekarang ini ada yang ditutup dengan kaca. Ada juga bagian yang terbuka. Kegunaannya berbeda, bukan? Dan ini yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Warna

Setelah tahu materialnya dan juga kegunaanya, sekarang fokus pada penampilan, yaitu warna. Seringkali, orang memilih warna yang netral seperti putih atau krem. Pasalnya, warna netral menunjukkan kesan minimalis pada dapur.

Akan tetapi, ini bukan satu-satunya pilihan yang Anda ambil. Anda juga bisa sesuakan warna rak dinding dapur Anda sesuai dengan warna atau desain rumah secara keseluruhan. Misalnya saja lantai menggunakan vinyl warna coklat. Anda bisa padukan warna rak yang sama agar matching.

  1. Ukuran

Setelah itu, silakan ukur panjang dan juga lebar rak dapur yang Anda inginkan. Sesuaikan dengan ukuran dapur Anda ya.

  1. Space yang Ada

Tidak semua dapur itu luas. Ada juga yang kecil tapi panjang. Ada juga yang luas tapi tidak begitu panjang. Dalam hal ini, sesuai dengan space yang ada. Anda bisa cari beberapa referensi model rak dinding di FeastHome. Di sana, Anda akan mendapatkan inspirasi dan ide bagaimana membuat dapur Anda terlihat sangat menarik dan fungsional.

Itulah 5 hal yang harus Anda pertimbangkan. Jadi, jangan terburu-buru membeli rak dinding sebelum Anda benar-benar memikirkan kelima poin tersebut.

pexels.com

Tambahan Tips agar Rak Dapur Anda Efisien

Semua orang pasti ingin membuat rak dingin sekali saja dan bisa digunakan serta dinikmati selama-lamanya. Maka dari itu, kesalahan yang fatal bisa saja terjadi jika Anda salah pilih.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips tambahan yang Anda bisa terapkan. Setelah Anda pertimbangkan 5 hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa datang ke salah satu workshop yang melayani jasa pembuatan rak dinding untuk dapur. Anda bisa share apa yang Anda inginkan, dengan menjelaskan material apa yang Anda suka, warnanya seperti apa, dan lain sebagainya.

Setelah itu, Anda bisa meminta desainer dari workshop tersebut untuk datang ke rumah. Desainer akan lebih mudah memberikan masukan agar apa yang Anda inginkan benar-benar bisa direalisasikan. Ketika datang ke rumah, desainer akan mempertimbangkan dua hal, yaitu space yang ada dan juga memadukan dengan desain serta warna dinding rumah.

Setelah itu, biarkan desainer membuat visual desain rak dinding dapur Anda. Mintalah untuk membuat lebih dari satu desain agar Anda bisa memilih mana yang paling Anda sukai. Baru kemudian Anda bisa membiarkan penyedia jasa pembuatan rak dinding untuk melakukan eksekusi.