Pohon Angsana yang Besar Sebagai Penghasil Kayu untuk Mebel dan Bangunan

Angsana adalah sebuah pohon yang bisa memberikan perlindungan luar biasa pada sekelilingnya dengan tumbuh tinggi mencapai 40 meter dan rentang dahan mencapai 3,5 meter. Cabang dari pohon ini bisa merunduk mendekati tanah dan apabila terluka dahan akan mengeluarkan getah berwarna putih kemerahan. Pohon ini termasuk penyerap air yang standar tapi akarnya yang menyebar luas membuat pohon menjadi pilihan yang baik untuk menahan tanah.

 

Kayu dari pohon ini sangat bagus dan memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan awet dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja seperti kayu yang lain kayu angsana juga bisa rusak jika harus berada di luar selama bertahan-tahun sehingga kayu dari pohon angsana  sering digunakan sebagai bagian dari konstruksi bangunan di bagian dalam tapi tidak jarang juga kayu dengan kualitas yang bagus dalam pengertian cukup tua dan keras dijadikan bagian untuk konstruksi bagian luar seperti pilar atau bantalan rel.

 

Perbedaan kayu ini dengan kayu bangunan biasa adalah seratnya yang memiliki motif bagus. Sehingga kayu ini juga cocok untuk dijadikan sebuah bentuk mebel yang tahan lama. Selain itu kayu juga memiliki serat yang tidak terlalu rapat sehingga bisa merusak mata gergaji. Dengan sifat seperti ini semua kayu angsana sangat baik untuk dijadikan bentuk mebel dan berbagai karya seni terbaik seperti patung, ukiran dan pahatan.

Previous post Hal yang Perlu Diketahui Tentang Ekspedisi Jakarta ke Makasar
Next post Kisah Nabi Zulkifli Sebagai Raja yang Sabar dan Adil