Posted on

Perlengkapan Pramuka Untuk Tiap Tingkatan

Sedang mencari perlengkapan untuk kegiatan pramuka? Perlengkapan untuk Siaga, Penggalang dan Penegak beda lho. Simak terlebih dahulu ulasan berikut agar tidak salah dalam membeli perlengkapan ya.

Artikel :

Ada beberapa perlengkapan yang dibutuhkan seorang anggota pramuka. Namun, beda tingkatan pramuka maka beda pula perlengkapan yang dibutuhkan. Kali ini akan dibahas apa saja perlengkapan pramuka yang dibutuhkan tiap tingkatan. Simak terus ya.

Perlengkapan yang Dibutuhkan Tiap Tingkat

Setiap tingkatan memiliki perbedaan perlengkapan, misalnya dari topi atau tanda yang ditempelkan di kepala. Agar tidak keliru, dibawah ini akan dijelaskan berdasarkan tingkat. Inilah beberapa perlengkapan yang dibutuhkan oleh masing-masing tingkatan

  1. Pramuka Siaga

Anggota pramuka yang masih berada dalam tingkat sekolah dasar ini merupakan awal dalam mengenal Pramuka. Perlengkapan yang dibutuhkan pun terbilang sederhana. Perlengkapan tersebut meliputi seragam pramuka lengkap (atasan dan bawahan), hasduk, topi pet, tanda tutup kepala, lambing daerah provinsi dan kota, lambing tunas kelapa dan lambang kepanduan dunia. Selain itu juga memerlukan tanda kecakapan umum berupa simbol manggar kelapa yang terdiri atas siaga mula, siaga bantu dan siaga tata. Ada pula tanda jabatan yang terdiri dari barung utama, pemimpin barung dan wakil pemimpin barung.

  1. Pramuka Penggalang

Anggota tingkat ini biasanya berada dalam sekolah menengah pertama. Perlengkapan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan tingkat siaga. Seragam yang digunakan tetap berupa atasan coklat muda dan bawahan coklat tua. Pelengkap lainnya adalah hasduk, cabaret dan tanda tutup kepala. Ada beberapa lambang yang digunakan, misalnya adalah lambang kepanduan dunia, lambang tunas kelapa dan tambang daerah provinsi dan kota. Ada puna tanda kecakapan umum dan tanda jabatan. Sedangkan tanda regu biasanya disimbolkan dengan fauna maupun flora.

  1. Pramuka Penegak

Sedangkan perlengkapan pada pramuka penegak tidak berbeda jauh meski tetap ada penambahan. Seragam yang digunakan tetap berupa atasan warna coklat muda dan bawahan berwarna coklat tua. Dilengkapi pula dengan hasduk dan cabaret  dengan tanda tutup kepala. Ada beberapa lambang yang dikenakan pada atasan, antara lain lambang kepanduan dunia, lambang tunas kelapa dan lambang daerah provinsi dan kota. Ada 3 tanda yang ditempelkan yakni tanda jabatan, tanda kecakapan umum dan tanda sangga yang disimbolkan dengan perjuangan bangsa.

Itulah perlengkapan yang dibutuhkan oleh anggota. Tentu perlengkapan di atas sangat mudah didapatkan di toko pakaian, terutama yang menyediakan seragam sekolah.