Posted on

5 Cara Merawat Burung Lovebird Paling Dasar Dan Cocok Bagi Pemula

Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sedang populer dikalangan para pecinta burung. Burung dengan ukuran tubuh relatif kecil dan warna yang cukup indah serta beraneka ragam ini dibandrol dengan harga yang cukup bervariasi. Mulai dari ratusan hingga puluhan juta.

Selain itu banyak kompetisi yang diadakan oleh para pecinta burung jenis ini. Sehingga setiap pemilik burung lovebird selalu berusaha memberikan perawatan dan juga pelatihan agar burung yang dimiliki layak mengikuti kompetisi bahkan memenangkan kompetisi. Dimana setiap burung yang menang dalam kompetisi akan meningkatkan harga jual dari burung tersebut.

Tentunya Anda akan sangat senang dan juga bangga jika burung lovebird Anda memenangkan kompetisi. Namun untuk mendapatkan kebahagiaan dan juga kebanggan tersebut tidak dapat Anda peroleh dengan Cuma-Cuma. Butuh usaha dan juga pengorbanan terutama waktu dan materi.

Untuk mempunyai burung lovebird yang hebat pastikan Anda mempunyai waktu khusus dan juga mengetahui dengan pasti bagaimana cara merawatnya. berikut ini adalah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat burung lovebird agar tetap terjaga kesehatan dan juga layak mengikuti kompetisi bahkan menjadi pemenang:

perhatikan kebersihan kandang

kandang merupakan bagian paling penting yang harus disiapkan secara khusus sebelum memelihara hewan tidak terkecuali burung. Setiap pemilih harus berusaha untuk memberikan tempat yang sesuai bahkan jika memungkinkan untuk dilakukan harus sama dengan habitat aslinya. Karena hal tersebut akan membuat hewan merasa nyaman dan tidak stress.

Kandang burung lovebird paling tidak harus berukuran besar agar burung bebas terbang. Selain itu perlu disediakan spot-spot untuk bertengger serta jangan lupa menyiapkan tempat untuk makanan dan juga minuman burung.

Ketika merawat burung maka bagian terpenting yang harus dilakukan setiap hari adalah memperhatikan kebersihan kandang. Kebersihan kandang harus selalu dicek setiap hari. Terutama dari kotoran-kotoran burung atau sisa makanan yang sangat rawan dengan menempelnya bakteri atau bahkan virus.

Apabila kandang selalu bersih kandang enak dipandang serta burung akan menjadi lebih sehat dan terawat. Dengan demikian maka pelatihan untuk menuju kompetisi akan semakin berjalan dengan lancar.

pxhere.com

Memandikan lovebird setiap hari

Salah satu cara untuk menghilangkan segala macam bentuk bakteri dari tubuh yang mana dapat menimbulkan penyakit yaitu dengan mandi. Hal tersebut juga berlaku bagi burung yang Anda pelihara. Untuk menjaga agar tubuh burung lovebird tetap bersih, maka Anda perlu memandikan burung tersebut setiap hari.

Cara memandikan burung lovebird juga tidak boleh sembarangan. Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa udara sedang hangat atau tidak pada saat hujan sehingga jika dimandikan maka bulu burung akan cepat kering sehingga tidak membuat burung kedinginan atau membuat bulu menjadi lebih lembab yang justru menjadi sarang bakteri. Kemudian Anda juga harus memastikan bahwa kandang dalam keadaan sudah bersih.

Percikan air seperti hujan alami secara perlahan ke seluruh bagian tubuh burung. Ketika memandikan burung sebaiknya Anda menggunakan alat khusus yang banyak dijual di toko penjual makanan dan juga alat perawatan burung.

Menjemur lovebird setiap pagi

Semua makhluk hidup sangat membutuhkan sinar matahari terutama sinar matahari pagi. Selain dapat membuat tubuh menjadi hangat, matahari pagi juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satu cara untuk merawat burung lovebird agar tetap sehat adalah dengan rajin menjemur burung setiap pagi.

Anda dapat melakukan aktivitas penjemuran setiap jam 7 pagi sampai pada jam 9 pagi. Durasi penjemuran dapat Anda sesuaikan dengan kondisi burung Anda. Paling tidak durasi yang dibutuhkan untuk menjemur kira-kira 2-3 jam.

Memberikan makanan yang bergizi

Makanan bergizi sangat membantu untuk menjaga badan tetap sehat. Hal yang terpenting yang harus Anda perhatikan ketika merawat burung yaitu makanan yang Anda berikan kepada burung Anda. Apakah makanan yang Anda berikan sudah tepat?

Untuk memberikan makanan burung peliharaan seperti lovebird Anda perlu perhatikan dengan detail. Jangan sampai Anda salah memberikan makanan. Jika perlu Anda harus rajin membaca atau bertanya kepada ahli tentang makanan yang harus Anda berikan untuk burung peliharaan Anda.

Setiap burung dengan usia tertentu tentu membutuhkan nutrisi dan juga jenis makanan yang berbeda. Anda tidak dapat memberikan makanan burung dewasa untuk anak burung atau sebaliknya. Sehingga ilmu tentang makanan burung lovebird harus Anda kuasai sebelum memutuskan untuk memelihara burung atau hewan yang lain.

pxhere.com

Memenuhi kebutuhan vitamin

Selain makanan yang harus selalu diperhatikan, vitamin yang dibutuhkan oleh burung juga perlu dipenuhi. Dengan memberikan vitamin tambahan maka burung akan menjadi lebih sehat dan juga tidak mudah sakit. Selain itu stamina burung akan menjadi lebih terjaga dan membuat burung menjadi lebih aktif bergerak.

Namun dalam memberikan vitamin Anda tidak boleh sembarangan atau sekedar coba-coba saja. Perlu pengetahuan dan pengalaman sehingga untuk yang satu ini perlu Anda konsultasikan ke orang yang sudah berpengalaman. Diantaranya kepada dokter hewan, penjual makanan burung atau ke teman Anda sesama pecinta burung lovebird.

Kemampuan burung terutama suara burung lovebird sangat tergantung bagaimana atau seperti apa perawatan yang Anda berikan. Semakin baik Anda merawat burung bahkan jika perlu harus didasari karena sayang maka lovebird tersebut akan memberikan yang terbaik untuk Anda. Karena tidak hanya Anda saja yang punya perasaan, lovebird juga punya perasaan.