Posted on

Penyebab Kaca Mobil Jamuran Serta Tips Membersihkannya

 

Sebagai pemilik kendaraan beroda empat, melakukan perawatan menjadi hal yang wajib untuk Anda. Anda harus melakukan perawatan pada body, kaki-kaki, mesin pada mobil dan bagian-bagian lainnya. Namun, ada satu yang tidak kalah penting dalam merawat mobil yakni merawat bagian kaca mobil.Kaca mobil mempunyai peran penting saat mengemudi.

Memiliki kaca mobil yang bersih akan membuat vasibilitas atau jangkauan pandang akan lebih bagus. Tetapi, jika kaca mobil tidak dilakukan perawatan secara rutin akan menimbulkan sejumlah masalah. Salah satunya yaitu timbulnya keberadaan jamur pada kaca. Menurut writingforums.com ada beberapa penyebab kaca mobil jamuran, diantaranya adalah:

  • Air hujan

Saat Anda mengemudi pastilah Anda pernah menghadapi berbagai kondisi cuaca mulai dari hujan maupun panas. Saat hujan mengguyur biasanya kaca mobil akan diseka langsung oleh wiper. Namun, saat hujan reda aka nada sisa-sisa air hujan yang masih menempel pada kaca mobil. Jika tidak segera dibersihkan bekas hujan tersebut akan sulit dibersihkan.

Apalagi jika sisa-sisa hujan tersebut dibiarkan terlalu lama dan menjadi kering karena panas matahari. Tentu akan lebih sulit lagi untuk dibersihkan. Padahal sisa hujan yang kering tersebut bisa menyebabkan timbulnya jamur pada kaca mobil. Selain timbul jamur pada kaca tapi body mobil Anda juga lama-lama akan memudar.

 

  • Mencuci mobil

Selain disebabkan oleh hujan, jamur pada kaca mobil juga bisa terjadi akibat proses pengeringan mobil yang tidak sempurna. Biasanya setelah mencuci mobil akan dilakukan proses pengeringan. Proses pengeringan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan lap. Tetapi proses ini tidak maksimal sehingga meninggalkan bercak air pada bagian tertentu.

 

Salah satunya adalah di bagian kaca mobil. Saat mencuci mobil juga bisa menyebabkan jamur pada kaca mobil kalau pengeringannya tidak sempurna. Selain itu juga saat melakukan pencucian mobil jika ridak langsung di lap juga bisa menimbulkan bercak dan jamur pada kaca mobil Anda. Pemilihan tempat untuk mencuci mobil juga harus Anda perhatikan.

 

Cucilah mobil ditempat yang teduh atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hal tersebut dikarenakan agar air cucian tidak akan cepat kering oleh sinar matahari. Air cucian yang kering juga dapat menimbulkan jamur pada kaca mobil.

 

  • Kualitas air

Saat Anda melakukan pencucin mobil baik mencuci sendiri atau di tempat pencucian mobil hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas air yang digunakan. Jika kualitas air kurang bagus bisa menyebabkan munculnya jamur pada kaca mobil. Misalnya air yang digunakan adalah air tanah dan kandungan kapurnya tinggi. Maka timbulnya jamur akan semakin besar.

Begitu juga memakai air tanah yang mengandung unsur besi kuning. Kemudian air tanah yang mengandung unsur garam. Kandungan itu semua dapat menimbulkan jamur pada kaca bahkan membuat kaca menjadi kusam. Lebih baik menggunakan air pam dan yang paling penting jangan mencuci mobil Anda dengan keadaan body atau kaca mobil pada saat masih panas.

Itulah beberapa penyebab kaca mobil jamuran yang dapat Anda ketahui. Mobil yang tamilannya bersih tampa jamur tentu menjadi impian untuk Anda. Namun bagaimana cara menghapus jamur yang terlanjur hinggap di kaca mobil? Anda dapat menggunakan tips yang aka wiringforums.com berikan kepada Anda, antara lain:

  • Bersihkan jamur menggunakan lap khusus

Anda dapat menggunakan lap khusus saat menggosok kaca mobil yang berjamur. Gosoklah kaca tersebut secara lembut hingga jamur terihat memudar. Pastikan lap khusus yang Anda gunakan dalam keadaan kering. hindari penggunaan benda tajam pada saat membersihkan jamur, karena penggunaan benda tajam dapat mengikis lapisan pelindung pada kaca mobil.

 

  • Bersihkan jamur menggunakan air soda

Jamur bisa bereaksi dengan air soda. Caranya tuangkan sedikit air soda ke lap kering untuk menyeka area kaca yang berjamur. Gosok kaca secara lembut menggunakan lap yang telah dicapur air soda tersebut. Lakukan terus menerus hingga jamur terlihat berkurang atau hilang. Langkah terakhir, lap kaca mobil Anda menggunakan lap kering yang bersih.

 

  • Bersihkan jamur menggunakan pasta gigi

Langkah pertama, bersihkan kaca dari debu dan kotoran terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan sedikit pasta gigi di area kaca yang berjamur. Gosok dengan lembut di bagian tersebut menggunakan lap kaca kering. Bersihkan kaca dengan gerakan memutar. Kemudian, segera bilas dengan air bersih.Jangan biarkan pasta gigi mengering karena terlalu lama di kaca.

 

  • Mencuci kaca mobil

Langkah pertama. Pastikan kaca dalam keadaan bersih jauh dari debu atau kotoran .Kemudian, bersihkan kaca menggunakan busa dan shampoo mobil sperti mencuci mobil biasanya. Setelah mobil dibilas, gunakan vairan khusus untuk menghilangkan jamur, kemudian cuci dan keringkan.Lalu semprotkan cairan Glass dan Scrub.

 

Seka semprotan cairan tersebut dengan lap microfiber. Gerakan lap microfiber dengan gerakan memutar dan ditekan agar jamur lenyap.