Posted on

Penyebab Gumoh Pada Bayi

Gumoh merupakan suatu kondisi di mana bayi memuntahkan ASI yang baru saja diminumnya. Namun, ada beberapa sebab perihal gumoh yang terjadi pada bayi supaya bisa diperhatikan lebih lanjut oleh bunda.

Bayi Sudah Kenyang

Menurut beberapa studi penelitian, bahwa mengenai gumoh dan muntah adalah kondisi yang terjadi hampir mirip, namun pada dasarnya berbeda. Bagi anda yang belum tahu perbedaannya wajib ketahui ini.

Bayi yang mengalami gumoh bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena ia mengalami kekenyangan. Bayi yang kekenyangan akan bersendawa setelah mengeluarkan asinya melalui mulut.

Hanya saja, meski terbilang tidaklah berbahaya, anda harus ekstra perhatikan bahwa gumoh dikhawatirkan masuk ke hidung sehingga mengganggu sistem pernapasannya. Oleh karena itu, selalu awasi ya bunda.

Bayi Kesulitan Bernafas

Kemungkinan lainnya kenapa bayi anda gumoh adalah bisa jadi karena ia kesulitan bernapas. Baru lahirnya ke dunia memang mengharuskannya beradaptasi dengan lingkungannya. Sehingga tidak heran jika suatu kali ia gumoh.

Gumoh ini karena adanya dorongan dari perut bayi untuk mengeluarkan ASI baru saja diminumnya. Sehingga, memperhatikan sistem pernapasan bayi oun sangat penting sekali, apalagi pada saat hendak menyusui.

Bayi Menolak diberi Makan

Gumoh bisa saja terjadi karena bayi anda menolak untuk diberi makanan. Penolakan diberi makan berupa ASI ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya bisa saja karena aroma tubuh ibu yang berbeda.

Aroma tubuh ibu yang wangi bisa mempengaruhi selera bayi dalam minum ASI. Namun, aroma tubuh yang tidak sedap seringkali menjadikan bayi ingin gumoh, mengeluarkan segala isi dalam perutnya.

Kondisi Bayi Tidak Sehat

Bayi anda menolak untuk diberi ASI kemudian ia malah gumoh? Bisa saja kondisi tubuhnya memang sedang tidak sehat. Kondisi tubuh bayi yang tidak sehat memang sering kali menolak makanan yang masuk.

Penolakan makanan yang masuk ini seringkali menjadikannya gumoh, karena organ bagian dalam tubuhnya tidak bisa menerima ASI dengan baik. Segera konsultasikan ke dokter jika terdapat gejala bayi anda sedang tidak sehat.