Posted on

Penyakit Yang Memiliki Tanda Gejala Dada terasa berat

Banyak hal yang membuat dada anda menjadi terasa berat, biasanya dada terasa berat identic dengan penyakit jantung. Namun dada terasa berat bukan berarti anda terserang jantung karena ada beberapa penyakit yang memiliki kondisi dengan gejala dada terasa berat.

Untuk itu anda bisa membedakannya apakah dada terasa berat yang anda alami merupakan penyakit jantung atau bukan. berikut beberapa penyakit dengan gejala-gejala dada terasa berat yang perlu anda ketahui.

GERD

Penyakit GERD atau penyakit refluks asam lambung merupakan penyakit yang di sebabkan oleh naiknya asam lambung, sehingga zat asam lambung itu dapat menyebabkan dada terasa berat dan seperti panas terbakar. Penyakit GERD biasanya di derita oleh mereka yang tidak memiliki pola makan teratur dan makan makanan yang tidak sehat serta pola hidup yang kurang.

Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan penyakit mental namun dapat berimbas ke tubuh, misalnya saja menjadikan dada terasa berat. Karena gangguan kecemasan ini maka menyebabkan peredaran darah menjadi tidak stabil yang memompa ke jantung sehingga menimbulkan dada terasa berat. Selain itu gangguan kecemasan juga dapat menyebabkan sesak nafas, pusing, jantuk berdebar dan lainnya.

Otot tegang atau kram otot dada

Kram otot dada juga dapat menyebabkan dada menjadi terasa berat, karena kram otot dada berpengaruh terhadap otot-otot yang berkontraksi di bagian dada. Untuk mengatasinya ketika kram otot dada menyerang maka anda harus menghentikan aktifitas sejenak terlebih dahulu kemudian mengompres bagian otot dada yang kram.

Trauma dada

Trauma dada bisa di sebabkan oleh benturan keras yang mengenai bagian dada, benturan tersebut kadang bisa mematahkan atau meretakkan tulang rusuk. Selain itu, benturan keras pada bagian dada juga dapat mengakibatkan cidera pada organ terutama paru-paru sehingga bisa membuat dada anda menjadi terasa berat dan nyeri.

Demikianlah beberapa penyebab nyeri dada yang umum terjadi, dengan begitu anda dapat membedakan rasa berat di dada sebelum anda pergi ke dokter.