Posted on

Penuh Pesona, 6 Keindahan Wisata Pulau Enggano Bikin Kamu Tak Mau Pulang

Indonesia memiliki gugusan pulau yang luas hingga mendekti Samudera Hindia, dan merupakan bagian pulau terluar. Letak pulau sangat dekat dengan Provinisi Bengkulu bahkan diakui secara administratif. Untuk menuju Pulau Enggano anda memerlukan waktu 12 jam, jika berangkat dari Pelabuhan Baai. Karena akses ke pulau yang cukup sulit membuat kondisi alamnya masih alami, penasaran apa saja pesona wisatanya? Simak disini.

Pesona Wisata yang Membuat Anda Jatuh Hati

  1. Pantai Koomang

Pantai memiliki sebuah batu besar dengan bagian dasar yang berlobang, dan dialiri air laut yang membentuk laguna kecil. Keberadaan laguna tersebut menjadi daya tarik wisatawan karena airnya sangat jernih, hampir sebening kaca. Kondisi lingkungan masih jarang dikunjungi membuat pantai serasa milik sendiri.

  1. Tebing Pakiu

Masih satu jalur dengan Pantai Koomang terdapat sebuah tebing tempat arena panjat tebing. Dahulu tebing tersebut merupakan benteng pertahanan ketika tentara Jepang memasuki wilayah Pulau Enggano. Jika air laut surut anda dapat melihat megahnya tebing berwarna putih, dengan goa-goa kecil didalamnya.

  1. Danau Bak Blau

Air danau memiliki warna biru kehijauan yang terbentuk secara alami, membuat danau terlihat mempesona. Anda tidak memerlukan filter aplikasi foto untuk mendapatkan kesan biru, karena hasil jepretan langsung memperlihatkan buktinya. Meskipun danau terhubung langsung ke laut, namun rasa airnya tidak asin justru sama seperti air danau pada umumnya.

  1. Padang Lamun

Keunikan wisata dari gugusan pulau ini ialah adanya tumbuhan lamun, yang mampu berdapatasi di lingkungan air asin. Bentuk tumbuhan mirip seperti rumput laut sehingga terkadang wisatawan salah mengartikannya. Anda dapat melihat padang lamun yang cukup luas dengan menyelam ke dasar laut. Wisata unik Pulau Enggano ini bisa anda temui di Perairan Karana dan Pelabuhan Kahyapu.

  1. Pantai Telapak Kaki Batu Berlayar

Nama pantai diambil dari bentuk sebuah laguna, yang jika dilihat dari atas batu mirip telapak kaki. Di bibir pantai terbentang hamparan pasir putih, jika berjalan diatasnya kaki terasa lembutnya pasir. Wisata pantai merupakan surganya para pemancing karena terdapat habitat dari ikan-ikan kecil.

  1. Cagar Alam Teluk Klowe

Hutan lindung ini didominasi oleh pepohonan mangrove, dan dikelilingi flora fauna khas wilayah Enggano. Anda bisa memasuki kawasan lebih dalam untuk merasakan liburan di alam liar. Di sekitar hutan terdapat sungai tempat habitat udang, anda bisa melakukan perburuan jika perut merasa lapar.

Berkunjung ke Provinsi Bengkulu kurang afdol jika tidak mengeksplor wisatanya. Sesekali luangkan waktu sejenak untuk berkunjung, ke beberapa tempat wisata. Ada beberapa pilihan tempat wisata yang bisa anda singgahi. Aktivitas snorkeling, memancing, hingga berburu bisa menjadi rekomendasi untuk hilangkan penat. Dijamin waktu liburan anda kali ini akan terkondisikan dengan baik.