Posted on

Pentingnya Mempelajari Ekonomi Internasional Saat Ini!

Keyword : Ekonomi Internasional

 

Ilmu Ekonomi merupakan salah satu bidang ilmu terpenting yang wajib untuk kita pelajari. Banyak sekali cabang atau bidang dari ilmu ekonomi yang kita ketahui, beberapa diantaranya adalah ekonomi makro, ekonomu mikro, serta ilmu ekonomi lainnya. Ilmu ekonomi sangat wajib untuk kita pelajari karena pada dasarya setiap aktifitas atau kegiatan kita dalam berkehidupan sehari-hari tidak lepas dari dasar-dasar ilmu ekonomi, seperti misalnya kebutuhan sandang, pandang, dan papan. Semua hal tersebut sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi bukan?

Apalagi pada zaman yang serba modern saat ini dimana kita hidup di era globalisasi yang mana semua kegiatan kita yang berhubungan dengan hal-hal yang konsumtif sudah mencapai tingkat dunia. Banyak sekali barang-barang yang ada di sekitar kita berasal dari luar negeri, itulah kenapa memahami dan belajar mengenai ilmu ekonomi saat ini sangat penting. Salah satu cabang atau bidang dari ilmu ekonomi yang saat ini sangat penting untuk dipelajari adalah Ekonomi Internasional, dengan mempelajari ilmu ekonomi satu ini kamu akan mendapatkan manfaat yang akan berguna bagi kehidupanmu saat ini dan di masa mendatang.

Ekonomi Internasional merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang berfokus pada kegiatan perekonomian skala global atau dunia, seperti kegiatan ekspor dan impor. Bukan hanya dalam masalah perdagangan saja, cabang ilmu ekonomi ini juga akan mempelajari tentang maslaah keuangan, moneter, serta organisasi ekonomi yang dilakukan oleh antar negara. Salah satu cabang ilmu ekonomi yang satu ini memiliki tujuan untuk bisa meningkatkan perekonomian dari sebuah negara demi kemakmuran masyarakat.

Dalam mempelajari sesuatu, pasti kita akan mendapatkan manfaat yang akan berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Adapun manfaat yang dari salah satu cabang ilmu ekonomi ini adalah sebagai berikut :

  1. Manfaat yang pertama adalah untuk menjaga kestabilan harga di dalam negeri;
  2. Manfaat yang kedua adalah untuk memperluas ketersediaan lapangan kerja;
  3. Manfaat yang ketiga adalah untuk mempercepat pembangunan nasional;
  4. Manfaat yang keempat adalah meningkatkan pendapatan suatu negara.

Beberapa manfaat tersebut akan didapatkan berkat adanya hubungan kerjasama antar negara yang menyebabkan adanya hubungan ekonomi secara internasional. Timbulnya kerjasama antar negara di bidang ekonomi ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya perbedaan dalam ketersediaan sumber daya alam yang berbeda dari negara satu dengan negara lain, perbedaan kondisi demografis atau tingkat pertumbuhan, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta tingkah laku dari negara satu dengan negara lain dan yang terakhir disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang berbeda sehingga suatu negara membutuhkan bantuan dari negara lain untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya agar lebih stabil.