Posted on

Peluang Usaha Ternak yang Tepat untuk Menambah Uang

 

 

Jika diamati semakin banyak saja orang yang memutuskan keluar dan mundur dari kantornya lalu memberanikan diri menjadi wirausaha. Meskipun membutuhkan modal dan ketekunan namun beberapa orang merasa menjadi wirausaha lebih menjanjikan. Berbagai jenis usaha dipilih dan dilakukan orang mulai dari buka warung hingga menjadi peternak.

Meskipun masih belum banyak orang yang meliriknya namun sebenarnya usaha ternak memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Tidak perlu menunggu hingga Anda menguasai ilmu peternakan untuk menjalani usaha tersebut. Pilih saja jenis usaha ternak yang relatif mudah dilakukan namun hasilnya cukup menjanjikan. Anda bisa memulai usaha ternak bersama beberapa teman kalau masih merasa ragu.

Ada beberapa pilihan usaha ternak yang mudah dilakukan dan mempunyai prospek yang cukup bagus. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa usaha ternak berikut ini.

Usaha Ternak yang Mudah dan Prospektif

Kroto

Beternak kroto menjadi salah satu usaha yang mudah dan memiliki prospek yang cukup bagus. Kroto yang merupakan telur semut rangrang tersebut laris dibeli orang dan dijadikan sebagai pakan burung. Kroto sangat bagus untuk burung karena mengandung protein yang cukup tinggi. Para pecinta burung senang memberikan makanan kroto karena manfaatnya juga bisa membuat bagus kicauan.

Ternak Kelinci

Hewan kecil bertelingga panjang ini juga bisa menjadi komoditas yang bagus untuk diternakan. Kelinci adalah salah satu hewan yang cukup banyak peminatnya dan laris dibeli orang. Kelinci banyak dijadikan hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu dan imut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa senang memelihara kelinci di rumah mereka dan inilah yang membuat prospeknya bagus.

Ikan Hias

Anda juga bisa membuka usaha ikan hias di rumah dan menjadikannya sebagai pekerjaan baru. Ikan hias juga cukup laris di pasaran dan pembelinya berasal dari berbagai kalangan. Bukan hanya anak muda saja yang membeli ikan hias untuk dipelihara melainkan banyak juga orang tua yang melakukannya. Anda bisa memulai usaha ini dengan membuat kolam kecil atau akuarium saja.

Ternak Jangkrik

Serangga satu ini juga cukup prospektif untuk diternak dan menjanjikan keuntungan yang lumayan. Jangkrik digunakan sebagai makanan burung sehingga banyak orang yang membutuhkannya. Selain itu jangkrik juga merupakan jenis serangga yang enak dimakan. Ada beberapa orang yang sengaja membeli jangkrik untuk dimakan.

Ternak Cacing

Hewan kecil melata yang biasa kita temukan di tanah ini memang menjijikan dan membuat geli tapi ternyata bisa mendatangkan uang. Beberapa tahun yang lalu bahkan ramai diberitakan beternak cacing bisa menghasilkan uang yang tidak sedikt. Nah, mengapa Anda tidak mencoba melakukan hal yang sama. Cacing sering digunakan sebagai umpan memancing dan juga sebagai obat.

Selain apa yang disebutkan di atas, Anda juga bisa memilih usaha ternak yang dikonsumsi manusia. Berikut ini beberapa pilihannya.

Usaha Ternak Hewan Konsumsi

Ternak Lele

Siapa saja rasanya suka dengan ikan lele yang bisa diolah apa saja dan dijadikan sebagai lauk makan yang lezat. Beternak lele juga tidak membutuhkan keahliah khusus dan modal yang besar. Anda bisa memulainya dengan bibit yang tidak terlalu banyak dan memeliharanya di kolam seadanya. Lele relatif mudah diternak dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus.

Ternak Belut

Selain lele hewan konsumsi yang tidak kalah gurihnya adalah belut. Harga belut di pasaran memang cukup mahal dan ini bisa Anda jadikan sebagai peluang yang bagus. Anda tidak perlu membeli sawah untuk memelihara belut cukup pakai drum saja. Beternak belut di dalam drum akan menjanjikan laba dan keuntungan yang tidak sedikit untuk Anda.

Ternak Bebek

Hewan konsumsi lainnya yang bisa Anda jadikan usaha ternak yaitu bebek. Daging bebek dan telurnya banyak disukai orang sebagai lauk pauk. Beternak bebek akan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan dobel yaitu sebagai menjual dagingnya dan telur. Daging bebek banyak disukai orang karena rasanya memang lebih enak dari daging ayam.

Selain itu telur bebek banyak dicari orang sebagai obat dan jamu sehingga peluang lakunya sangat besar.

Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam kampung juga menjadi pilihan yang bagus untuk dijadikan usaha dan sumber penghasilan. Ayam kampung yang rasanya jauh lebih enak dari daging ayam negeri banyak dicari orang. Harga jual ayam kampung juga relatif tinggi dan menghasilkan keuntungan.

Agar usaha ternak Anda bisa lebih dikenal orang sebaiknya lakukan promosi yang tepat. Anda bisa memesan media promosi usaha ternak Anda pada jasa pylon sign yang terpercaya. Pylon sign merupakan media promosi efektif untuk usaha Anda.