Posted on

Tanaman yang Berkhasiat untuk Obat Herbal Jantung Koroner

Sampai saat ini, penyakit jantung koroner merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah jantung (arteri koroner) mengalami penyumbatan akibat timbunan lemak. Akibatnya, pembuluh darah akan menyempit dan aliran darah menuju jantung akan berkurang. Jika tidak segera ditangani, penderita akan mengalami serangan jantung.

Karena sangat mengancam nyawa, Langkah pengobatan yang terbaik tentunya adalah dengan berobat ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan segera. Selain itu, ada juga yang menyertai upaya medis ini dengan mengonsumsi obat herbal jantung koroner. Meski demikian, penggunaan obat herbal tidak boleh sembarangan dan harus dikonsultasikan lebih dahulu dengan dokter.

Bahan-Bahan Alami untuk Obat Herbal Jantung Koroner

Sebelum membahas tentang bahan alami apa saja yang berkhasiat untuk jantung, perlu digarisbawahi bahwa yang dimaksud obat herbal jantung koroner di sini adalah upaya tambahan untuk mengurangi risiko jantung koroner. Pengobatan utama tetaplah harus Anda dapatkan secara medis. Berikut ini beberapa tanaman yang diketahui memiliki kandungan yang baik untuk jantung kita.

  1. Kulit Manggis

Sejak beberapa tahun lalu, kulit manggis dikenal sebagai bahan alami yang sangat kaya akan antioksidan karena mengandung xanthone. Antioksidan berfungsi mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya endapan yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat.

Saat masuk ke dalam tubuh, antioksidan pada kulit buah manggis akan mengikat radikal-radikal bebas yang terdapat di dalam pembuluh darah sehingga mencegah penyumbatan dan peredaran darah menjadi lancar, termasuk pada pembuluh darah jantung (arteri koroner). Karena itulah, kulit buah manggis diyakini dapat membantu penyembuhan penyakit jantung koroner.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kulit manggis harus diolah terlebih dahulu. Namun, sekarang Anda tidak perlu repot membuatnya sendiri karena ekstrak kulit manggis kini bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui toko atau grosir herbal.

  1. Daun Sirsak

Selain sebagai obat kanker, daun sirsak juga ternyata bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung koroner karena memiliki sifat sebagai validator yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah kembali lancar. Caranya mudah, rebus lima lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih sampai air rebusan berubah warna. Minumlah dalam keadaan hangat.

  1. Alang-Alang

Rimpang alang-alang mengandung senyawa imperanene yang mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Anda dapat membuat ramuan obat herbal jantung koroner dengan cara mencampurkan 100 gr akar alang-alang, 25 gr jamur kuping hitam, 25 gr jamur putih kering, dan 25 gram jamur hioko, 100 gr akar teratai, lalu rebus dengan 800 ml air hingga tersisa seperempatya. Setelah disaring, minumlah air rebusan tersebut.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki kemampuan untuk melarutkan kolesterol jahat di dalam darah yang bisa menyumbat pembuluh darah. Kupas dan cuci bersih kunyit sebanyak empat ruas jari, lalu parut dan seduh dengan ½ gelas air panas. Setelah itu, saring dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah larutan ini secara teratur.

  1. Daun Sukun

Daun sukun mengandung sitosterol dan flavonoid yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Caranya adalah rebus daun sukun yang sudah tua dengan 5 gelas air sampai air tersisa separuh. Kemudian, saring dan minum air rebusan tersebut selama seminggu.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, lebih baik Anda mencegah penyakit jantung koroner dengan cara melakukan 5 langkah mudah berikut ini.

  1. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Yang termasuk dalam gaya hidup sehat di antaranya adalah makan makanan sehat, tidak merokok, dan berolahraga.

  1. Hindari Makanan Penyebab Radang

Para ahli kesehatan meyakini bahwa penyakit jantung koroner disebabkan oleh peradangan. Karena itu, penting untuk menghindari makanan penyebab radang, seperti minyak jagung dan kedelai, susu pasteurisasi, karbohidrat olahan, daging berlemak, semua jenis gula, dan lemak jenuh (trans fat)

  1. Lakukan Diet Jantung

Diet jantung adalah memperbanyak asupan makanan yang baik untuk jantung, yaitu makanan yang kaya serat, kaya antioksidan, sayuran, buah-buahan, herbal dan rempah, teh tradisional, kacang-kacangan, minyak zaitun ekstra virgin, produk susu mentah, dan anggur merah.

  1. Minum Suplemen

Suplemen yang baik untuk dikonsumsi adalah minyak ikan omega-3, minyak ikan cod, curcumin (kunyit), bawang putih, koenzim Q10, karotenoid, selenium, vitamin C, D, dan E, serta glukosamin.

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga berguna untuk meningkatkan aliran darah, membawa lebih banyak oksigen ke sel-sel tubuh, mengelola hormon dan kadar gula darah, dan membuat tubuh lebih relaks. Efeknya adalah Anda akan terhindar dari penyumbatan arteri koroner.