Posted on

Mengenal Tanda-tanda Bayi Alergi Terhadap ASI

ASI merupakan sumber makanan bagi bayi yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Walaupun demikian, ada pula bayi yang alergi terhadap ASI. Gejala yang timbul ketika bayi alergi terhadap ASI diantaranya seperti sesak napas setelah menyusu, mual, sakit perut, ruam disekitar mulut dan anus serta diare.

Sumber masalah utamanya ada pada ibu dimana pola makan yang tidak baik. Maka dari itu, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui seperti sebagai berikut:

  1. Alkohol

Ibu yang menyusui tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi alkohol. Pasalnya akan berdampak buruk terhadap kesehatan bayi. Alkohol yang masuk akan mengalir ke seluruh pembulu darah termasuk ke ASI, hal tersebut membuat bayi mengalami alergi.

  1. Minum Minuman Berkafein

Minuman berkafein yang diminum oleh ibu, 1% kafein akan masuk pada  ASI dan disedot oleh bayi. Jika demikian, maka akan mempengaruhi jam tidur bayi dan membuat perut bayi menjadi kembung.

  1. Minum Susu Formula

Walaupun ibu membutuhkan sumber protein seperti susu sapi, namun akan sangat disarankan untuk tidak mengonsumsinya. Hal tersebut demi kesehatan sang buah hati. Sebab susu sapi dapat mengakibatkan intoleransi laktosa dan lebih rentan terhadap alergi.

Oleh karena itu, lebih baik mencegah dan konsultasikan pada dokter bila ada tanda-tanda seperti yang di sebutkan di atas. Adapun secara umum berikut ciri-ciri bayi alergi ASI , berikut ini:

  1. Ruam

Ruam merupakan gejala yang sering terjadi dimana kulit menjadi memerah bahkan mengelupas dan lengket. Kondisi ini biasanya terjadi karena makanan ibu berupa protein yang kurang bagus untuk bayi.

  1. Gumoh

Gumoh memang sudah menjadi sesuatu yang umum, namun jika berlebihan perlu diwaspadai. Sebab dapat meningkatkan asam lambung naik, bahkan sampai sulit untuk bernafas.

Sesegera mungkin untuk kenali tanda-tandanya agar tidak berdampak buruk pada bayi. Dengan begitu, bayi akan lebih nyaman dan terhindar dari berbagai infeksi ataupun alergi. Kesehatan bayi tergantung pada ibu, maka dari itu, sang ibu menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan yang baik.