Posted on

Mengenal Lebih Dekat 4 Sungai Terbesar di Dunia

Wilayah perairan sejatinya tak hanya ditemukan di laut saja. Daratan juga memiliki wilayah perairan seperti danau dan sungai. Namun berbeda dengan danau yang merupakan perairan menggenang, sungai memiliki aliran air dari hulu hingga ke hilir. Melewati kawasan pemukiman penduduk, sungai berperan penting bagi kehidupan manusia. Mengetahui tentang sungai terbesar di dunia tentu bisa menambah wawasan baru. Berikut deretan sungai paling besar di dunia.

4 Sungai Paling Besar di Dunia

  1. Sungai Amazon

Hampir semua masyarakat dunia mungkin sudah sangat familiar dengan sungai ini. Sungai Amazon merupakan sungai yang da di benua Amerika. Dengan panjang 8.992 km dan area drainase 7.050.000 km persegi maka tak heran jika sungai ini dinobatkan sebagai sungai paling besar nomor satu di dunia. Selain menjadi jalur transportasi bagi masyarakat sekitar, sungai ini juga menjadi habitat bagi hewan, tumbuhan dan berbagai jenis ikan air tawar.

  1. Sungai Nil

Sungai yang membelah daratan benua Afrika ini melewati beberapa negara seperti Kenya, Sudan, Kongo, Burundi, Sudan Selatan, Uganda dan masih banyak lagi. Sungai ini memiliki panjang hingga 6.853 km dan luas area drainase yakni 3.254.555 kilometer persegi. Sedangkan debitnya mencapai 2.800 meter kubik per detik. Sungai nil terbentuk dari dua anak sungai utama yaitu Nil Putih yang berasal dari Danau Victoria dan Nil Biru yang berasal dari Danau Tana di Ethiopia.

Sungai ini sangat identik dengan negara Mesir, karena memang memiliki peran yang sangat penting bagi peradaban dan kehidupan bangsa Mesir sejak zaman dulu. Sungai nil menjadi sumber ir minum, irigasi tanaman hingga menyediakan tanah yang subur untuk ditanami. Sebagaimana diketahui jika memang negara Mesir memiliki daratan berupa gurun yang sulit ditumbuhi tanaman. Sungai ini juga memiliki bendungan besar untuk mencegah banjir.

  1. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze merupakan sungai terbesar di dunia pada urutan ketiga. Sungai ini juga dikenal sebagai sungai terpanjang yang ada di Cina. Mata air sungai ini berasal dari Cina Barat dm Tanggula yang ada di Provinsi Qinghai. Dengan panjang hingga 6.300 kilometer dan luas drainase 1.800.000 kilometer persegi, sedangkan debit airnya mencapai 31.900 meter kubik per detik. Pemandangan di sekitar sungai ini sangat indah sehingga menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

  1. Sungai Mississippi

Selain terkenal dengan sungai Amazon, Benua Amerika juga memiliki Sungai Mississippi yang memiliki panjang 6.2745 kilometer. Sedangkan luas drainase mencapai 2.980.000 kilometer persegi dan debit rata rata 16. 200 meter kubik per detik. Sungai ini melewati seluruh wilayah Amerika Serikat hingga ke selatan dan naik ke Minnesota Barat. Sungai ini juga menjadi pembatas antara negara bagian dintaranta Lowa, Kentucky, Tennesse dan masih banyak lagi.

Itulah keempat sungai yang dianggap paling besar di dunia. Sebagian besar sungai ini memang berada di Benua Amerika. Keberadaan sungai ini memiliki banyak manfaat mulai dari sebagai saluran irigasi, pembatas antar wilayah, objek wisata hingga menciptakan peradaban yang maju. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya masyarakat sekitar menjaga sungai dengan baik dan tidak menyebabkan kerusakan di daerah sungai sehingga menimbulkan banjir serta bencana lainnya.