Posted on

Mengenal Ciri-Ciri Jenis Udang Jerbung

Setelah membahas begitu banyak sekali jenis udang, tibalah kini kita kembali membahas udang Jerbung. Udang Jerbung adalah salah satu udang jenis perairan tawar yang sangat populer. Memiliki beragam julukan yang sangat banyak, Indonesia terkadang menyebutnya sebagai udang putih. Bukan hanya itu saja, terkadang udang Jerbung juga disebut sebagai banana prawn untuk daerah Singapura. Udang kaki merah penyebutan untuk negara Malaysia, Jika Ebi untuk negara Jepang, Pakistan menyebutnya Jaira dan Filipina keras memberinya julukan Buti.

1) Ciri-Ciri Udang Jerbung

Dibandingkan dengan udang-udang jenis lainnya, tentu saja udang jerbung juga memiliki ciri khas tersendiri untuk dapat dikenali oleh banyak orang. ciri-ciri yang dimilikinya ini kerap kali menjadikan si udang khas akan bentuk tubuh serta warna atau ukurannya. Nah! Udang Jerbung memiliki ciri-ciri lebih suka hidup di laut bagian dasar dan daerah yang berlumpur.

Tak heran jika di lautan udang ini bisa mendiami dasar sungai dengan kedalaman 10-45 meter. Selain itu, udang jerbung juga memiliki tingkat gerak yang lebih aktif ketimbang udang vaname. Udang jerbung lebih suka tinggal dengan daerah dasar berpasir serta berlumpur.

2) Udang Jerbung di Indonesia

Tahukah kamu bahwa Indonesia kini menjadi negara terbesar penghasil udang Jerbung di seluruh dunia? Dengan menyesal angka 65.000 ton, itu merupakan angka yang dapat diperoleh dalam masa panen udang Jerbung. Selain itu, udang yang aktif mencari makan pada siang hari ini ternyata  banyak sekali ditemukan di perairan Timur.

Jumlah panen yang sangat besar kerap kali menjadi penghasilan utama warga di sana. Bukan hanya itu saja, salah seorang petani udang mengaku bahwa 5-10 kg bisa didapat dengan sekali panen udang jerbung. Per kilogram udang jerbung bisa di harga RP 100.000-RP 150.000 oleh tengkulak. Bagaimana jika hingga 10 kg? Waw. Menggiurkan sekali, bukan?

So, itulah informasi mengenai udang jerbung yang ada di negara kita guys. Bahkan untuk harga udang jerbung ini katanya berdasarkan ukuran si udangnya loh.