Posted on

Mengenal 6 Manfaat Daun Kelor Untuk Anak

Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap digunakan dalan proses pembuatan jamu atau obat-obatan sebagai hasil pengembangan ramuan tradisional turun temurun sejak zaman nenek moyang. Daun kelor atau kerap disebut moringa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik itu untuk anak-anak ataupun orang dewasa sehingga tidak heran jika penggunaannya dalam obat-obatan sangatlah dibutuhkan. Beberapa peneliti telah berhasil membuktikan bahwa terdapat beberapa kandungan dalam daun kelor yang banyak bermanfaat bagi kesehatan, berikut ialah beberapa diantaranya:

  1. Mampu menciptakan sistem ingatan atau daya ingat yang baik pada anak. Dengan demikian, konsumsi daun kelor pada anak dipercaya dapat meningkatkan sistem daya ingatnya serta menjadikannya tidak mudah lupa terhadap suatu hal.
  2. Membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, hal ini dikarenakan 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong mampu menyumbangkan banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
  3. Kaya akan antioksidan yang mampu mencegah munculnya radikal bebas dalam tubuh sehingga bisa menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes melitus tipe 2 ataupun penyakit jantung.
  4. Mencegah terjadinya peradangan pada otak merupakan salah satu manfaat ampuh daun kelor yang baik untuk anak-anak dalam proses tumbuh kembang.
  5. Mampu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga konsumsi makanan olahan daun kelor sangat ampuh menurunkan kadar gula darah secara alami tanpa efek samping.
  6. Mampu mengatasi infeksi bakteri pada tubuh akibat makanan yang mengandung bahan antimikrobial yang di dalamnya terdapat bakteri yang tidak baik bagi tubuh anak-anak.

Dari ke-6 manfaat daun kelor bagi anak-anak di atas, kita bisa mengetahui betapa pentingnya daun kelor bagi kesehatan manusia mengingat manfaatnya bagi orang tua atau orang dewasa juga sangat banyak. Mengenai bagimana cara pengolahannya Anda tidak perlu khawatir karena daun kelor termasuk tanaman yang mudah untuk diolah. Anda bisa mencari referensi melalui internet atupun buku untuk memberikan kandungan daun kelor pada anak. Selanjutnya mengenai cara untuk memperolehnya Anda bisa membeli bibitnya lalu menanamnya sendiri ataupun membeli tanaman daun ini secara langsung pada toko-toko tanaman obat terdekat di daerah Anda.