Posted on

Tips Mempercepat Koneksi Internet Android yang Perlu Anda Ketahui

Di zaman sekarang ini, internet menjadi salah satu hal penting yang mendukung banyak aktivitas manusia. Handphone dan internet menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan. Tentu saja, poin utama dalam internet yakni menyangkut koneksinya. Koneksi yang baik akan memperlancar proses berselancar Anda di dunia maya. Begitu pula sebaiknya. Tentu saja, koneksi yang buruk akan sangat mengganggu, misalnya Anda sedang asyik streaming, mabar, searching, upload atau download tiba-tiba malah nge-lag lantaran koneksi yang buruk. Lalu bagaimana cara menanganinya?

Nah, Anda tidak perlu khawatir mengalami hal seperti itu. Bagaimana caranya? Yuk simak bagaimana mempercepat koneksi internet android secara aman berikut ini.

Koneksi Internet Lambat pada Android

Koneksi internet yang lambat tentu saja akan sangat mempengaruhi aktivitas Anda dalam berselancar di media sosial. Tentu saja hal ini sangat menyebalkan dan mengganggu Anda. Koneksi yang lambat juga terjadi atas berbagai faktor.

  1. Perubahan cuaca

Cuaca buruk akan sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Cuaca yang buruk bisa disebabkan karena hujan, badai, guntur, petir, angin kencang atau beberapa alasan lainnya. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sendiri memiliki dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Biasanya, di musim penghujan inilah kecepatan internet sangat buruk karena perubahan cuaca yang ada.

  1. Kuota atau Akses Data Rendah

Selain masalah cuaca, kuota atau akses internet juga sangat berpengaruh pada  koneksi internet. Biasanya, ketika kuota akan habis kecepatannya juga melambat. Begitu pula ketika baru isi kuota, kecepatannya pun juga sangat tinggi.

  1. Signal atau jaringan internet yang susah

Dalam hal ini kondisi geografis sangat berpengaruh pada kecepatan internet. Kondisi geografis seperti tinggal di pantai, gunung ataupun tempat lain yang berada di tempat pelosok tentu saja signal juga sangat buruk. Akibatnya akses internet juga sangat minim sehingga kemungkinan besar internet akan terhambat atau bahkan tidak memungkinkan untuk berselancar di dunia maya.

  1. RAM atau penyimpanan android penuh

Biasanya pemasangan aplikasi yang banyak dan membutuhkan ruang penyimpanan besar dan melebihi kapasitas RAM, akan sangat berpengaruh pada kecepatan jaringan. Hal ini karena ponsel berada pada kapasitas yang tidak memungkinkan untuk bekerja atau mengolah data lain. Padahal, untuk melakukan proses pengunduhan dan pengunggahan ke media sosial seperti video, lagu, ataupun foto memerlukan koneksi internet yang lancar. Anda perlu  memastikan bahwa RAM android dalam keadaan yang baik dan tidak melebihi kapasitas. Selain itu, juga bersihkan sampah Android secara rutin.

  1. Penggunaan tap yang banyak

Tap juga sangat berpengaruh pada koneksi internet Anda. Terkadang orang yang browsing atau jelajah di internet membuka lebih dari satu  pada tab yang berbeda. Hal ini sah-sah saja karena dianggap lebih efisien waktu. Pada kenyataannya, membuka banyak tab bisa menggangu kecepatan koneksi internet Anda. Hal ini karena diwaktu yang bersamaan, lalu lintas data akan sibuk dan penuh. Akibatnya, koneksi internet menjadi lambat.

Tips Mempercepat Koneksi Internet Android

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab lambatnya koneksi internet Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Menghapus Cache

Aplikasi yang berfungsi menyimpan cache ini, jika dibiarkan akan semakin besar dan memberatkan performa smartphone anda. Selain itu, cache yang menumpuk akan membuat proses muatan data menjadi berat. Agar koneksi Internet di Android Anda tetap lancar,  rutinlah membersihkan cache-nya. Anda dapat menggunakan aplikasi One Tap Cache Cleaner atau Clean Master. Anda juga dapat menghapus cache  dengan mudah lewat menu Settings – Storage – Cache, lalu klik Clear Cache.

  1. Gunakan VPN

Banyak aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store, Anda dapat memilih sesuai dengan rating yang bagus. Selain dapat mempercepat koneksi internet, aplikasi VPN juga dapat dimanfaatkan untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Anda harus terhubung dengan IP di negara yang tepat dan memenuhi syarat.

  1. Memilih koneksi internet dengan benar

Dalam memilih koneksi internet, Anda harus memperhatikan APN yang Anda gunakan. Misalnya memilih APN Telkomsel. Dengan kecepatan yang tinggi, Anda dapat mempertimbangkan kembali APN yang akan Anda pilih.

  1. Tidak boros tap

Tap juga sangat berpengaruh pada koneksi internet Anda. Terkadang orang yang browsing atau jelajah di internet membuka lebih dari satu  pada tab yang berbeda. Hal ini sah-sah saja karena dianggap lebih efisien waktu. Pada kenyataannya, membuka banyak tab bisa menggangu kecepatan koneksi internet Anda. Hal ini karena diwaktu yang bersamaan, lalu lintas data akan sibuk dan penuh. Akibatnya, koneksi internet menjadi lambat.

  1. Setting User Agent

Banyaknya website yang sudah dibuat secara responsif dan otomatis menyesuaikan tampilan jika dibuka melalui perangkat mobile seperti android smartphone. Walaupun begitu, terkadang masih ada orang yang tetap memaksa menggunakan tampilan web komputer di android. Padahal, hal ini justru akan membuat koneksi internet lebih berat. Sebaiknya Anda mengubah user agent di browser menjadi mobile. Perubahan ini dimaksudkan agar data dikompres sesuai dengan tampilan mobile.

  1. Membersihkan RAM secara rutin dan teratur

Seperti yang telah dijelaskan, RAM yang penuh dan melebihi kapasitas dapat mengganggu kinerja dari android. Akibatnya proses internet yang sedang berlangsung juga lambat atau lemot. Ponsel yang dalam keadaan penuh dan dipaksa untuk terus bekerja, seringkali menyebabkan android nge-lag atau berhenti sendiri. Anda perlu memastikan penyimpanan atau RAM dalam keadaan yang baik.

Demikianlah  cara mengganti password wifi IndiHome pada andoid secara aman dan benar. Anda dapat memperhatikan hal-hal tersebut agar kecepatan koneksi internet Anda tetap baik.