Posted on

Makanan Burung Cendrawasih

Dalam beberapa artikel sebelumnya, kita sudah membahas beberapa hal penting terkait kelangsungan hidup burung cendrawasih. Dalam artikel kali ini, kita hanya akan fokus pada apa saja makanan burung cendrawasih di alam liar sana. Sebagai orang asli Indonesia, kita harus memiliki pengetahuan dasar tentang flora dan fauna apa yang ada di sekitar kita. Selain itu, kita juga harus memahami habitat dan juga makanan yang dibutuhkan oleh flora dan fauna yang tinggal di hutan Indonesia. Dengan demikian, suatu saat kita tahu bagaimana cara melestarikan atau sekedar menyelamatkan satu spesies tertentu. Untuk kasus burung cendrawasih ini, ada beberapa jenis makanan yang paling disukainya. Apa saja?

Buah Pepaya

Cendrawasih dikenal sebagai burung yang gemar mengkonsumsi buah-buahan. Di alam liarnya, burung cendrawasih kerap mencari makan di daerah yang rendah. Saat bertemu dengan pohon pepaya, burung cendrawasih tak segan untuk mematuk kulit semangka dan mengkonsumsi daging buahnya.

Matoa

Selain buah-buahan, burung cendrawasih juga dikenal sebagai hewan yang gemar mengkonsumsi biji-bijian berukuran kecil dan sedang. Di alam liarnya, adanya buah matoa yang melimpah membuat burung cendrawasih gemar mengkonsumsi matoa. Apalagi buah matoa memiliki kandungan air yang sangat banyak sehingga mereka tidak perlu mencari sumber air setiap hari.

Pala

Tak hanya buah matoa saja, burung cendrawasih pun kerap berkerumun di pohon pala saat buah pohon tersebut sudah matang. Mereka tak segan untuk melahap buah pala yang ada di pohon tersebut. Buah pala memiliki tekstur yang mirip dengan pepaya dan matoa. Selain itu, pala juga memiliki rasa yang manis bercampur pahit.

Itulah beberapa jenis makanan burung cendrawasih yang ada di alam liar. Namun dalam praktiknya, variasi makanan bisa berubah tergantung ketersediaan pangan di sekitarnya. Burung cendrawasih sebenarnya bukan burung yang susah makan, selama ada banyak jenis buah di sekitarnya, burung cendrawasih akan mendapatkan sumber penghidupan yang cukup. Selain buah dan biji, burung cendrawasih juga kerap memakan beberapa serangga seperti jangkrik.