Posted on

Letak Meja Makan yang Baik di Ruang Minimalis

Mempunyai ruang makan dengan ukuran yang tidak terlalu luas sering menyusahkan seseorang untuk menata ruang tersebut agar bisa tampil lebih baik. Bagi anda yang mempunyai ruang makan dengan ukuran yang minimalis aka anda bisa dengan mudah menata meja makannya dengan tepat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menata meja makan di sebuah ruangan yang sempit sehingga bisa digunakan dengan nyaman.

Meletakan sebuah meja makan memang membutukan perhitungan yang tepat. Terutama jika ruang makan tersebut tidak luas, tentu saja membutuhkan perhitugan yang sangat tepat. Jika bisa menata meja makan dengan tepat maka ruangan yang tadinya terlihat sempit bisa terlihat lebih luas. Selain meja makan yang penting untuk diperhatikan, anda juga harus memperhatikan kursi meja makan. Pemilihan kursi meja juga sangat penting. Pastikan antara kursi dan meja mempunyai kesamaan sehingga menimbulkan kesan yang menyatu dan cocok untuk ruangan yang minimalis.

Sulap Ruang Makan Minimalis Menjadi Luas

Pixabay.com

Menyulap ruang makan dengan ukuran yang minimalis agar terlihat lebih luas adalah cara yang mudah untuk dilakukan. Mungkin sebelumnya anda tidak berfikir untuk menyulap ruangan sempit tersebut agar bisa terlihat lebih luas. Mungkin anda hanya berfikir bagaimana harus menata perabotan yang ada agar bisa muat di dalam ruangan yang sempit. Kini anda bisa mencoba menyulap ruangan yang tadinya sempit menjadi lebih luas.

Cara menyulap ruang makan minimalis menjadi ruangan yang lebih luas adalah dengan melakukan penataan meja makan. Meja makan di dalam ruang makan adalah perabotan yang paling penting. Bahkan meja makan ini harus ada di dalam ruang makan. Kunci menata ruang makan yang sempit bisa dimulai dari meja makannya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menata meja makan agar bisa berada di dalam ruangan yang minimalis.

Cara Menata Meja Makan di Ruangan Minimalis

Pixabay.com

Cata menata meja makan yang  pertama adalah dengan melihat luas ruangan. Jika ruangan anda sempit maka anda harus memikirkan jenis meja makan apa yang tepat untuk ruang minimalis tersebut. Ada banyak jenis meja makan yang bisa anda temukan. Meja makan dibedakan melalui segi ukuran, segi bentuk, dan dari segi bahan dasar pembuatannya. Disini anda bisa memilih meja makan dengan ukuran yang lebih kecil dengan bentuk dan bahan sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara menata meja makan yang ke dua adalah memilih tempat yang strategis. Jika ruang makan anda sangat luas maka anda bisa meletakan meja makan di segala sisi yang ada di dalam ruangan tersebut. Namun jika ukuran ruangan sangat sempit maka anda harus meletakannya secara strategis. Pilih lokasi yang tidak menghalangi jalan keluar masuk. Anda bisa meletakan meja makan ini dibagian tengah ruang makan maupun meletakannya di bagian pinggir. Letakan meja makan di bagian yang tidak membuat ruangan menjadi lebih sempit.

Cara menata meja makan yang ke tiga adalah dengan memilih pencahayaan yang tepat. Jangan letakan meja makan di sebuah tempat yang minim cahaya. Mengingat meja makan menjadi bagian paling penting di dalam sebuah rumah tentunya anda harus menyulap ruang makan menjadi tempat yang nyaman untuk digunakan. Anda bisa meletakan meja makan di dekat ventilasi maupun memberikan lampu di atas meja makan. Pemenuhan cahaya yang memadai membuat ruang makan lebih menarik untuk digunakan.

Cara menata letak meja makan yang ke empat adalah pilih meja makan yang mudah dipindahkan. Ruang makan yang sempit mengharuskan anda untuk memilih perabotan meja makan yang mudah dipindahkan. Maksudnya disini adalah anda harus membeli meja makan dengan ukuran yang kecil ataupun meja lipat yang bisa dengan mudah dipindahkan dari satu sisi ke sisi yang lain. Jika sewaktu – waktu bosan dengan tata letak yang lama maka anda bisa dengan mudah merubah posisi meja makan di tempat yang lainnya.

Cara menata letak meja makan yang ke lima adalah jangan sampai terlihat dari pintu utama. Ketika anda ingin membuat sebuah ruang makan pastikan ruang makan tersebut tidak terlihat langsung dari luar. Ruang makan menjadi tempat yang privasi dimana semua keluarga akan berkumpul di tempat tersebut. Pastikan anda meletakan meja makan jauh dari pintu utama. Sehingga ketika ada tamu yang datang tidak akan melihat langsung ruang makan di rumah anda.

Cara yang ke enam adalah jangan meletakan perabotan lain seperti kompor, mesin cuci, oven, dan perabotan lain di dalam ruang makan. Sebisa mungkin berikan pembatas sehingga barang – barang tersebut tidak terlihat dari meja makan. Jadikan meja makan menjadi tempat paling nyaman sehingga keluarga nyaman berada di meja makan dalam jangka waktu yang lama. Itulah beberapa cara menata meja makan yang baik. Menata meja makan tidak sekedar menata sesuai selera saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ruang makan menjadi tempat yang nyaman untuk digunakan keluarga. Enam cara di atas menjadi cara jitu yang bisa mulai anda terapkan.