Posted on

Langkah – Langkah Melakukan Passing Bawah Bola Voli

Permainan bola voli termasuk salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat. Dalam permainan bola voli terdapat banyak teknik, salah satu teknik yang wajib untuk dikuasai pemainnya yaitu passing. Dalam teknik passing terdapat dua jenis yaitu passing bawah dan passing atas. Bagi orang yang sudah menguasai passing pasti akan sangat mudah untuk melakukan keduanya. Namun, bagi yang masih awam pasti belum mengetahui sama sekali cara melakukan passing bawah ataupun atas pada bola voli dengan benar.

Untuk diketahui bahwa passing yang benar yaitu bisa mengarahkan bola tepat kepada pemain yang sedang dituju. Karena terkadang dengan teknik yang salah, passing yang dilakukan bisa melenceng sehingga tidak akan mengarah ke sasaran yang tepat. Oleh karena itu, menguasai teknik passing bawah bola voli sangat penting supaya bola bisa dikendalikan atau diarahkan dengan tepat. Selain itu pemilian warna pada kostum  juga akan mempengaruhi fokus pemain dalam melakukan passing. Nah, maka dari itu diperlukan pemilihan seragam tim yang tepat di konveksi baju seragam.

Passing bawah adalah salah satu teknik dasar bola voli. Teknik ini dipakai untuk menerima servis, menerima spike, memukul bola setinggi pinggang ke bawah dan juga memukul bola yang memantul dari net. Passing bawah menjadi permulaan dari sebuah penyerangan didalam bola voli. Keberhasilan penyerangan tergantung dari baik buruknya passing bawah yang diberikan. Apabila bola yang dioperkan ketika passing bawah jelek, maka pengumpan akan mengalami kesulitan untuk menempatkan bola yang baik untuk para penyerang nantinya.

Langkah-Langkah Melakukan Passing Bawah

Berikut langkah – langkah dalam melakukan passing bawah, yaitu:

  1. Persiapan

– Bergeraklah ke arah bola dan aturlah posisi tubuh

– Genggamlah jari – jari tangan anda

– Kedua tungkai merenggang secara santai, bahu terbuka lebar

– Tekuklah lutut, tahan tubuh dalam posisi yang rendah

– Bentuklah landasan dengan lengan

– Posisikan Ibu jari dengan sejajar, dan siku terkunci

– Posisikan lengan sejajar paha, dan punggung lurus

– Arahkan pandangan ke arah bola

  1. Pelaksanaan

– Bersiap terima bola di depan badan

– Posisikan kaki untuk sedikit diulurkan, lengan jangan diayunkan

– Alihkan berat badan ke posisi depan

– Pukullah bola jauh dari badan, selanjutnya gerakkan landasan ke sasaran

– Arahkan pinggul supaya bergerak ke depan

– Perhatikan baik – baik ketika bola menyentuh lengan

  1. Gerakan lanjutan

– Posisikan jari tangan agar tetap digenggam, dan usahakan siku tetap terkunci

– Landasan mengikuti bola ke arah sasaran

– Posisikan lengan sejajar di bawah bahu

– Pindahkan berat badan ke arah sasaran yang akan dituju

– Perhatikan bola bergerak ke arah sasaran

Selain langkah – langkah tersebut, ada versi lain mengenai tahapan – tahapan melaksanakan passing bawah.

Tahap Pelaksanaan Passing Bawah

Terdapat 3 versi lain mengenai tahapan dalam melakukan  passing bawah bola voli yakni tahap awal, tahap pelaksanaan, dan juga tahap akhir. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan serta cara melakukan passing bawah dengan tahap – tahap tersebut.

  1. Tahap awal

Langkah berdiri dengan ambil posisi berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Lalu tekuk kedua lutut supaya badan bisa bertumpu maksimal di kedua kaki serta bisa seimbang, setelah itu rapatkan kedua lengan di depan badan. Saat itu pandangan ke arah datangnya bola, supaya bisa melakukan passing dengan sempurna.

  1. Tahap pelaksanaan

Tahap pelaksanaan dilakukan dengan kedua lengan di dorong ke arah datangnya bola. Sebelumnya, pastikan tubuh berada di tengah-tengah arah datangnya bola, supaya lebih mudah untuk mengumpan balik bola, perkirakan bola nanti bisa tepat pada pergelangang tangan.

  1. Tahap akhir

Sedangkan untuk tahap passing bawah yang terakhir yaitu dengan mengangkat tumit dari lantai, sedangkan pinggul dan bagian lutut naik dengan kedua lengan posisinya lurus. Arahkan pandangan untuk mengikuti arah gerakan bola, agar bola bisa diumpan balik dengan baik.

Beberapa kesalahan yang mudah terjadi saat passing bawah pada bola voli antara lain:

  1. Ketika menerima bola, posisi lengan terlalu tinggi, kemudian lanjutan dengan lengan berada di atas bahu
  2. Tubuh dalam posisi terlalu rendah karena pinggang ditekuk sehingga operan pun terlalu rendah dan kencang. Seharusnya yang ditekuk adalah lututnya.
  3. Lengan terpisah sesaat, ketika sebelum, pada saat, atau sesaat seusaimenerima bola.
  4. Bola mendarat di bagian lengan daerah siku.

Bagaimana, sangat mudah kan cara melakukan passing bawah? Karena passing menjadi teknik dasar dalam permainan bola voli, maka penting sekali untuk dikuasai dengan baik oleh setiap pemain bola voli. Selain melakukan passing bawah, masih terdapat teknik lain yang harus dikuasai jika hendak melakukan permainan bola voli. Sekali lagi selain teknik, rasa percaya diri pemain juga harus di tingkatkan dengan memberinya fasilitas terbaik diantaranya seragam pemain yang unik dan bagus dan tentunya bisa anda pesankan di konveksi baju seragam terbaik langganan anda. Selamat mencoba dan semangat berolahraga agar tubuh selalu sehat dan terjaga.