Posted on

Kandungan Buah Jambu Biji

Sebagaimana sudah umum diketahui, jambu biji merupakan salah satu buah dengan rasa lezat dan kandungan buah jambu biji dipenuhi nutrisi yang amat banyak. Lebih menguntungkan lagi, buah ini tergolong cukup mudah ditemui di Indonesia. Bahkan, harga jus jambu biji lebih murah dibandingkan harga varian buah lainnya.

Beberapa kandungan buah jambu biji yang penting bagi tubuh manusia yaitu vitamin C yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh, sehingga lebih mudah terhindar dari berbagai penyakit baik dari dalam maupun dalam luar. Selain itu, juga ada kandungan kalium yang berfungsi menstabilkan tekanan darah

Berbagai Kandungan Buah Jambu Biji dan Manfaatnya

Berikut ini merupakan beberapa komponen kandungan buah jambu biji utama yang memiliki kadar paling banyak dalam buah serta tak kalah banyak manfaatnya. Berikut rincian masing-masing dari kandungan dan manfaat tersebut:

  1. Zat Antioksidan untuk Mencegah Penyakit Kanker

Untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, seseorang harus memenuhi nutrisi berupa flavonoid dan fitonutrien. Untuk memunculkan zat-zat ini secara ideal dalam sistem tubuh, dibutuhkan asupan zat antioksidan yang dapat didapatkan dari buah jambu biji.

Selain itu, zat antioksidan juga terkandung dalam daun jambu biji yang berfungsi menetralkan radikal bebas pemicu kanker.

  1. Vitamin C untuk Menurunkan kolesterol

Selanjutnya, vitamin C yang berlimpah dalam serat buah jambu biji bermanfaat menurunkan kolesterol jahat serta menurunkan tekanan darah. Kalium memiliki manfaat menstabilkan tekanan darah ini.

  1. Mengatasi Diabetes

Menurut penelitian medis, serat jambu biji memiliki kandungan yang berfungsi mencegah lonjakan gula yang bisa dijadikan obat alami diabetes. Ada juga pendapat yang mengatakan, jambu biji bisa meredakan radang oksidasi pada diabetes.

  1. Menyehatkan Mata

Jambu biji memiliki kandungan vitamin A sebagaimana wortel dan tomat. Salah satu fungsi vitamin A ialah menjaga kesehatan mata, sehingga efektif menjaga menghindarkan mata dari penyakit mata dan infeksi mata.

Selain manfaat-manfaat diatas, jambu biji sangat bermanfaat dalam dunia kecantikan, terutama kesehatan kulit. Demikian penjelasan mengenai kandungan buah jambu biji, semoga bermanfaat.