Posted on

Jenis Ular Paling Berbisa Yang Ada Di Indonesia Dan Rawan Masuk Permukiman Warga

baru-baru ini banyak teror ular berbisa yang masuk ke permukiman warga. Salah satu jenis ular kobra paling berbahaya di dunia adalah king kobra. Namun masih ada banyak jenis ular berbisa yang tersebar di seluruh dunia. Tak lain halnya di Negara kita Indonesia, ternyata sudah banyak kasus kematian akibat gigitan ular berbisa.

Jadi sangatlah wajar jika ular sering kali disebut sebagai hewan berbahaya yang paling mematikan di seluruh dunia. Dilansir dari peneliti dunia saat ini sudah terdapat 2500 sampai 3000 jenis ular. Dan sekitar 600 jenis yang memiliki bisa berbahaya. Namun jenis-jenis ular berbahaya hidup di belahan bumi yang berbeda.

Berikut beberapa jenis ular berbisa di Indonesia, yang dapat mengancam dan dapat masuk ke permukiman warga. Berikut informasi detailnya!

Jenis Ular Paling Berbisa Yang Ada Di Indonesia Dan Rawan Masuk Permukiman Warga

  1. Ular Tanah

Ular tanah merupakan salah satu jenis ular yang kerap ditemukan di tanah. Penampilannya yang khas bahkan dapat mengecoh siapa saja yang ada di sekitarnya. Ular ini sering ditemui di kawasan hutan, khususnya dataran rendah, hingga kawasan lereng perbukitan. Sedangkan dari ciri-cirinya ular tanah memiliki kepala yang besar dan lebar, pipih, serta berbentuk segitiga. Sedangkan dari warna kulitnya, ular ini memiliki warna coklat agak kemerah-merahan.

  1. Ular Weling

Ular weling, kebanyakan tersebar di Indonesia. Khususnya untuk wilayah sumatera, Sulawesi, jawa, bali, dan sekitarnya. Ular ini mampu hidup di perhutanan dataran rendah yang memiliki suhu lembab dan kering. Seperti hutan pegunungan, mangrove, perkebunan, semak belukar, lahan pertanian, bahkan permukiman. Weling memiliki tubuh yang ramping dengan kisaran panjang hingga 100 sampai 155 centi meter. Dan memiliki kulit belang berwarna hitam dan putih hingga ujung ekor.

  1. Ular Picung

Ular picung merupakan salah satu jenis ular rumput. Dan banyak tersebar khususnya di wilayah asia tenggara. Ular ini dapat tumbuh panjang hingga 1,3 meter, serta ditandai dengan warna kehijauan pada bagian kepala. Sedangkan tubuh bagian atas berwarna kecoklatan serta memiliki corak pola yang menyerupai papan catur. Tepatnya di bagian atas punggung ular picung.

Itulah beberapa jenis ular paling berbisa yang ada di Indonesia. Dan rawan masuk ke wilayah permukaan warga. Walaupun kecil kemungkinannya untuk masuk ke pemukiman anda. Namun tidak ada salahnya jika selalu waspada untuk menghindarinya.