Posted on

Jangan Panik! Yuk Intip Cara Minum Pil KB Agar Tidak Hamil

Beragam alat kontrasepsi dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Salah satunya adalah pil KB. Meski pil KB ini dapat mencegah dan menunda kehamilan dengan baik, namun obat ini juga dapat meningkatkan risiko kehamilan jika tidak digunakan dengan tepat. Lalu, apakah anda tahu cara minum pil KB agar tidak hamil?

Tips Jitu Mengkonsumsi Pil KB Yang Benar

  1. Dikonsumsi Secara Tepat Waktu

Pada dasarnya, terdapat 2 jenis pil KB yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Pil ini terdiri dari pil kombinasi yang mengandung hormin estrogen dan progestin, serta pil mini yang mengandung hormone progestin atau hormone progesteron sintetik. Walau demikian, kedua pil KB ini dapat berfungsi untuk mencegah kehamilan jika dikonsumsi dengan benar.

Cara yang tepat dalam mengkonsumsi pil ini adalah dilakukan secara tepat waktu dan pada jam yang sama. Hal ini dikarenakan pil KB memiliki tingkat keberhasilan 92% hingga 99% dalam mencegah kehamilan. Tentunya, mengkonsumsi pil KB secara teratur dapat mempertahankan kadar hormone pada tubuh secara konstan.

Dalam hal ini, melewatkan satu dosis pil KB atau telat meminumnya dapat memicu perubahan kadar hormone pada tubuh. Akibatnya, tubuh dapat meningkatkan risiko ovulasi dan terjadinya menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, telat mengkonsumsi pil KB juga dapat merangsang otak untuk memproduksi banyak hormon sehingga dapat mempengaruhi keefektifan pil KB.

Selain itu, mengkonsumsi pil KB dengan waktu berubah-ubah dan berhenti seketika juga dapat memicu terjadinya flek, pendarahan dan bahkan bisa terjadi kehamilan. Oleh karena itu, pemberhentikan mengkonsumsi pil KB sebaiknya dilakukan dengan menyelesaikan pemakaian satu strip pil KB.

  1. Minum Pil KB Bersamaan Dengan Obat Lain

Cara minum pil KB agar tidak hamil juga sebaiknya tidak dilakukan bersamaan dengan mengkonsumsi obat maupun suplemen yang lain. Hal ini tentu sangat berisiko dalam menghambat cara kerja pil KB sehingga tidak efektif. Bahkan, beberapa obat atau suplemen juga bisa mengganggu cara kerja pil KB.

Beberapa obat yang dapat menghalangi cara kerja pil KB diantaranya obat antibiotic, obat anti tuberkulosis rifampisin, obat HIV, obat penenang, obat epilepsi dan berbagai suplemen lain yang mengandung St. John’s wort. Oleh karena itu, mengkonsumsi pil KB sebaiknya dilakukan dengan teratur dan mengikuti anjuran dari dokter.

  1. Muntah Setelah Minum Pil KB

Pil KB mengandung beberapa hormon yang dapat mencegah ovulasi, membuat leher Rahim memproduksi lendir yang tebal dan membuat lapisan dinding Rahim menjadi lebih tipis. Jika setelah minum pil KB kemudian muntah walau sudah 3 jam, pil KB dapat menjadi kurang efektif karena tubuh belum sepenuhnya dapat menyerap kandungan hormon dalam pil KB.

Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang memiliki efektifitas 92% hingga 99% dalam mencegah kehamilan. Tetapi, penggunaan pil KB yang tidak teratur juga dapat memicu terjadinya ovulasi dan kehamilan. Oleh karena itu, mengkonsumsi pil KB seharusnya dilakukan secara teratur dan hati-hati.