Posted on

Jangan Panik Inilah Cara Menghilangkan Garis Coklat Di Kuku

Salah satu bagian terpenting dari tubuh terutama para wanita adalah kuku. Kuku merupakan bagian terpenting yang harus selalu dirawat dan dijaga kesehatannya agar tetap cantik. Bahkan untuk membuat kuku agar telihat cantik, para wanita rela menghabiskan banyak waktu dan juga uang untuk duduk di salon kuku. Semua itu dilakukan karena kuku adalah bagian yang cukup penting untuk mendukung penampilan agar tetap oke.

Namun tahukah Anda ada penyakit kuku yang cukup mengganggu meskipun tidak berbahaya dan cukup normal terjadi. Penyakit kuku salah satunya adalah melanonikia. Apa itu melanonikia? Melanonikia adalah garis coklat yang ada pada kuku, biasanya garis coklat horizontal.

Garis coklat atau melanonikia merupakan sesuatu yang normal jika tidak menyebabkan atau adanya indikasi kanker. Apa penyebab melanonikia? Penyebab melanonikia cukup beragam diantaranya adalah dapat disebabkan karena adanya trauma pada kuku, infeksi jamur, terjadi pendarahan pada permukaan bawah kuku, defisiensi vitamin B12, gangguan tiroid dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Garis Coklat Pada Kuku

Ketika tanda garis coklat sudah mulai muncul pada permukaan kuku Anda sebaiknya Anda melakukan berbagai hal berikut ini untuk menghilangkannya:

  • Menjaga kebersihan kuku

Menjaga kebersihan kuku adalah faktor utama untuk membuat kuku tetap sehat. Salah satu cara yang dapat Anda aplikasikan secara rutin yaitu memotong kuku yang panjang dengan teratur, bersihkan kuku dari kotoran yang menempel terutama pada bagian sudut yang mana jika salah memotong maka dapat menyebabkan pembengkakan.

  • Mengkonsumsi makanan bergizi

Kelainan atau sesuatu yang aneh pada kuku dapat sebagai indikasi awal bahwa ada sesuatu yang tidak beres terhadap tubuh Anda. untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga sehat terutama yang banyak mengandung zat besi karena hal tersebut sangat baik untuk kuku. Oleh sebab itu perbanyak memakan buah-buahan dan juga sayuran.

  • Jangan menggigit kuku

Menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan yang harus dihilangkan. Mengingat dibalik kuku sering atau banyak tersembunyi kuman dan penyakit. Selain itu pastikan Anda rajin mengoleskan pelembab pada kuku dimana hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kuku tetap sehat.

Namun jika garis coklat pada kuku Anda tidak kunjung hilang atau Anda sudah merasakan sesuatu yang tidak beres pada tubuh Anda maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit. Agar masalah Anda teratasi dengan baik. Semoga bermanfaat.