Posted on

Inilah Penyebab Infeksi Kulit Mudah Menyerang Bayi

Infeksi kulit pada bayi sangat mudah terjadi. Terutama di area sekitar wajah dan kaki. Bintik-bintik berwarna merah kerapkali muncul. Tahu apa penyebabnya?

Infeksi kulit adalah kondisi di mana bakteri atau kuman masuk ke kulit. Dengan melalui luka kemudian menyebar. Menimbulkan rasa sakit, bengkak dan kemerahan di kulit. Ini tidak hanya bisa mengenai bayi, tapi juga orang dewasa.

Infeksi kulit bayi bisa disebabkan oleh kuman atau bakteri. Bisa juga virus, jamur atau parasit. Di mana penyebarannya ke bayi bisa disebabkan beberapa faktor, yaitu:

  1. Kelompok bayi usia 2-5 tahun adalah yang paling rentan mengalami iritasi kulit. Ini karena bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitif.
  2. Keramaian dan tempat umum. Infeksi kulit mudah menyebar di tempat umum yang ramai. Seperti taman bermain, di mana banyak orang juga ada di sana.
  3. Udara lembab. Bakteri penyebab infeksi kulit menyukai udara hangat. Terutama di musim kemarau.
  4. Kontak fisik. Kegiatan yang melibatkan sentuhan secara langsung dengan orang lain. Berisiko meningkatkan terjadinya infeksi pada kulit bayi.
  5. Kulit yang terluka. Melalui kulit yang terluka, bakteri bisa mudah masuk ke kulit lalu menginfeksi.

Untuk mencegah infeksi kulit pada bayi, kuncinya terletak pada kebersihan. Usahakan bayi dan lingkungan sekitarnya selalu bersih. Pastikan juga mainan dan peralatan bayi lainnya rutin dibersihkan.