Posted on

Ini Dia Penyebab Nyeri Pada Jari Tangan

Jari tagan terasa nyeri dan kaku saat pagi hari disebebkan oleh berbagai masalah yang terjadi pada saraf dan sendi. Adapun menyebab tersering terjadinya hal tersebut adalah rematik atau radang sendi. Rematik juga mempegaruhi bagaian tubuh lainya seperti pergelangan tangan, sendi lengan dan juga jari kaki. Bukan hanya karena masalah rematik, masalah saraf juga menjadi salah satu penyebabnya seperti nyeri karena kesemutan. Selain itu terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan rasa nyeri pada jari tangan.

  • Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit radang sendi yang dapat menyerang sendi-sendi pada ruas ari tangan seperti ujung tengah dan pangkal. Gejala yang akan dirasakan jika mengalami peradangan ini adalah jari tangan akan terasa nyeri, kaku, bengkak, sakit bahkan dapat terjadi benjolan pada sendi. Bengkat tersebut akan tetap bertahan meskipun rasa nyerinya sudah hilang.

  • Pirai

Penyakit ini merupakan salah satu jenis radang sendi yang bisa menimbulkan rasa perih pada sendi, kaku dan bengkak. Jika tidak dilakukan penanganan dalam jangka waktu yang lama dapat merusak sendi, tendon dan jaringan lainnya. Pirai umumnya banyak diderita oleh kaum adam. Penyakit ini diakibatkan karena kandungan asam urat yang terlalu banyak pada aliran darah karena terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan daging sapi.

  • Asam Urat

Kadar asam urat berlebih juga dapat menyebabkan jari tangan terasa nyeri namun hal ini jarang terjadi. Hal ini diakibatkan karena kadar asam urat yang berlebih pada sendi jari tangan. Selain menimbulkan rasa nyeri asam urat juga dapat menyebabkan pembengkakan.

  • Gerakan yang sama secara berulang dalam waktu yang lama

Mengerjakan suatu aktivitas yang berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama seperti menyetir, mengetik dan olah raga tertentu yang melibatkan jari-jari tangan akan mengakibatkan rasa nyeri.

  • Trauma

Ketika terjatuh dengan posisi pergelangan tangan yang salah dapat mengakibatkan jari-jari terasa nyeri, kaku, keseleo bahkan patah tulang.

  • Kienbock

Kienbock merupakan merupakan suatu kelaianan yang terjadi umumnya pada remaja. Adapun gejala yang dirasakan adalah penurunan fungsi pada tulang kecil seperti ruas jari. Ini diakibatkan karena kurangknya pasokan darah pada tulang tersebut.