Posted on

Informasi Ringkas Tentang Mangga Gincu

Buah mangga yang satu ini mempunyai warna yang menarik. Ketika sudah matang akan berwarna kuning kemerahan mirip sebuah warna gincu. Itulah sebabnya mangga ini dinamakan mangga gincu.

Habitat Mangga Gincu

Mangga gincu banyak dibudidayakan di daerah Indramayu, cirebon serta Majalengka. Untuk di dataran tingginya mangga ini banyak ditemui di Gunung Panten.

Proses Penanaman Mangga Gincu

Untuk menghasilkan buah, pohon mangga gincu perlu waktu sekitar 3-5 tahun. Untuk perawatan mangga gincu termasuk sangat mudah.  Yang penting di beri pupuk serta obat perangsang agar mangga dapat tumbuh dengan sempurna. Mangga gincu dapat dipanen sebanyak 4 kali dalam setahun.

Ciri Khas Mangga Gincu

Mangga gincu berbeda dari jenis mangga kebanyakan. Mangga gincu ini mempunyai warna kulit dan daging buah yang nyaris sama. Uniknya lagi kita juga bisa memakan kulit mangga ini. Karena kulitnya tidak mempunyai rasa yang pahit bahkan cenderung manis.  Mangga gincu juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B dan C yang baik bagi tubuh.

Selain dapat dimakan langsung, mangga gincu juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Diantaranya selai, sirup mangga, bolu mangga ,brownies serta pie mangga.

Saat ini banyak yang memalsukan mangga gincu, agar tidak terkecoh berikut kami berikan ciri-ciri dari mangga gincu :

–          Bentuk. Dari segi bentuknya mangga gincu tidak terlalu besar maupun kecil ukurannya, biasanya agak lebih besar sedikit dari buah apel.

–          Tekstur.  Mangga gincu yang memiliki kualitas baik jika ditekan buahnya akan terasa kenyal. Jika ditekan terasa lembek itu artinya kualitasnya sudah tidak bagus.

–          Warna.  Untuk warna mangga gincu memiliki ciri khas tersendiri yaitu kuning dan merah. Untuk memilih mangga gincu yang baik, pastikan warna merahnya sama dengan warna kuningnya atau warna merah lebih dominan. Mangga gincu warna merahnya terlihat cerah dan menarik. Inilah yang membedakan dengan mangga gedong biasa.

Masa Panen Mangga Gincu

Musim panen raya mangga gincu biasanya terjadi pada bulan september, oktober, november dan desember. Namun jangan khawatir karena di bulan-bulan lainpun masih tetap ada hal ini dikarenakan mangga gincu bisa berbuah diluar musim.