Posted on

Hilangkan Stres, Ikuti 4 Cara Berkebun di Halaman Rumah yang Sempit!

Seringkali berkebun dianggap sulit dilakukan bagi mereka yang menempati hunian minimalis dengan pekarangan sempit di tengah kota besar. Namun, sebenarnya itu bukan halangan untuk melakukannya. Banyak cara berkebun di halaman rumah yang sempit. Untuk itu simak ulasan berikut.

Trik Memanfaatkan Lahan Sempit

  1. Siapkan Rencana Berkebun Anda dengan Matang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan rencana berkebun dengan matang. Anda bisa mulai mencari ide dengan melihat Pinterest, majalah seputar tanaman di internet. Simpan ide tersebut dan segera survey untuk memperkirakan konsep, jenis tanaman, bahan dan biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat kebun di lahan sempit Anda.

  1. Gunakan Wadah yang Bisa Didaur Ulang

Rencana tanpa eksekusi itu nonsense. Untuk mewujudkan kebun impian di lahan sempit, Anda perlu mempersiapkan alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam berkebun. Anda bisa menggunakan barang bekas sebagai media tanaman, seperti kaleng bekas, botol bekas, pipa bekas dan benda lainnya yang bisa didaur ulang.

Anda bisa menghias barang bekas tersebut sesuai dengan motif dan bentuk yang dimau. Pastikan benda yang digunakan mampu menampung tanah sekam. Periksa juga kebersihan benda-benda tersebut dari zat kimia beracun. Karena, bisa saja zat kimia yang masih tertinggal di benda tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

  1. Pilih Tanaman Low Maintenance

Selanjutnya, persiapkan tanaman low maintenance dengan harga ramah di kantong. Anda bisa memilih untuk menggunakan tanaman sayur dengan benih yang bisa Anda beli di toko online, atau pilih tanaman indoor yang mudah perawatannya seperti kaktus, lidah mertua, monstera dan lainnya.

  1. Gunakan Metode Vertical Garden

Cara berkebun di halaman rumah yang sempit terakhir adalah dengan menerapkan metode vertical garden. Metode ini cocok dipilih untuk kesan kebun yang lebih lapang dan rapi. Dinding yang digunakan untuk menerapkan metode ini harus dipastikan sering terkena sinar matahari agar tanaman dapat melakukan fotosintesis dengan baik.