Posted on

Gejala Tipes Pada Anak 1 tahun dan Cara Mencegahnya

Tak hanya orang dewasa. Anak anak juga bisa saja terserang bakteri salmonella typhi, bakteri yang menyebabkan penyakit tipes.

Akan sangat berbahaya, jika tipes menyerang anak anak. Apalagi, pada usia 1 tahun dimana sistem kekebalan tubuhnya masih rentan dan belum sempurna.

Tipes, jika tidak ditangani dengan baik, bisa sebabkan komplikasi, meski infeksinya ringan. Komplikasi ini memicu terjadinya pendarahan usus , pecahnya usus, gagal ginjal dan infeksi hati.

Kenapa anak bisa terjangkit tipes?

Tipes disebabkan bakteri namanya salmonella typhi. Anak anak bisa terserang tipes bahkan anak usia 1 tahun, jika konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri ini.

Penularannya, juga bisa lewat kontak langsung dengan pengidap tipes yang kurang menjaga kebersihan. Bakteri bakal berkembang biak dengan cepat saat telah masuk ke dalam tubuh.

Tipes, banyak terjadi di negara negara berkembang, yang sanitasinya kurang bagus. Di tanah air, tipes juga menjadi salah satu penyakit yang cukup tinggi kasusnya.

Semua orang berpotensi terkena tipes. Namun anak anaklah yang paling rentan terserang. Data dari Badan kesehatan dunia, ada sebanyak 11 sampai 20 juta kasus demam tifoid tiap tahun di seluruh dunia.

Gejala Tipes Pada Anak 1 tahun

Berikut ini gejala tipes pada anak usia 1 tahun yang perlu diketahui dan diwaspadai.

Untuk diketahui, tipes butuh waktu 7-14 hari untuk menginfeksi dan menimbulkan gejala pada tubuh. Masa ini disebut inkubasi. Gejala tipes pada anak usia 1 tahun meliputi :

Demam tinggi , sakit perut, pegal pegal, lemas, lelah, radang tenggorokan, ruam berupa bintik merah muda di kulit dada dan perut. Anak satu tahun dengan gejala tipes akan sudah diberi asupan, rewel dan tak nyenyak tidur.

Segera lakukan tindakan tepat, jika anak mengalami gejala ini. Segera periksakan ke dokter, untuk didiagnosa dan ditangani. Jangan menunda pengobatan atau mengambil langkah langkah sendiri tanpa anjuran dokter.

Cara Cegah tipes pada anak usia 1 tahun

Mencegah lebih baik dari mengobati. Anda bisa.mencegah dan melindungi anak dari penyakit tipes dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Imunisasi

Cegah tipes pada anak bisa dilakukan dengan imunisasi vaksin tifoid. Namun, vaksin ini direkomendasikan untuk anak usia diatas 2 tahun. Dilakukan ulang tiap tiga tahun sekali

2. Asupan Air Bersih

Gunakan air yang benar benar bersih dari bakteri untuk asupan, mandi dan membersihkan semua benda benda anak. Air bersih akan membuang bakteri jahat dan menjaga kesehatan.

3. Jaga kesehatan makanan

Pastikan makanan atau asupan sehat bersih. Jangan berikan anak sembarang asupan sehingga tak mudah diserang bakteri.

4. Pola hidup sehat

Sebagai orang tua, wajib terapkan pola hidup sehat untuk anak dalam semua bidang, baik kesehatan diri, makanan, maupun lingkungan untuk si kecil.

Pola hidup sehat tak hanya mencegah bakteri jahat seperti penyakit tipes. Tapi juga bisa cegah berbagai penyakit lain, serta meningkatkan kualitas kehidupan anak dan keluarga.