Posted on

Kenali Jenis Jenis Hosting dan Fungsi Hosting

Apa sih fungsi hosting? Hosting ibarat sebuah rumah. Karena tanpa adanya hosting, sebuah website tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Peranan dan fungsi dari hosting untuk sebuah website sangatlah penting. Sekarang ini sudah ada banyak sekali penyedia layanan website yang bisa kamu gunakan. Salah satu layanan hosting terbaik di Indonesia adalah Niagahoster.

Karena itulah, sebuah website penting untuk memilih sebuah layanan hosting terbaik. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail beberapa fungsi dari hosting web dan juga jenis-jenis dari hosting. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang beberapa jenis dari hosting sekaligus juga beberapa fungsi dari hosting tersebut. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Sekilas Tentang Hosting Web

Hosting merupakan tempat yang dijadikan untuk menyimpan data dan file dari sebuah website. Untuk website yang profesional, peranan hosting sangatlah diperlukan. Tanpa adanya hosting, sebuah website kuranglah sempurna. Atau malah kurang tepat dinamakan website. Karena masih menumpang pada penyedia blog gratis.

Hosting ini yang akan menjadikan sebuah website terdeteksi di mesin pencarian. Dengan kata lain sebuah website dapat diakses secara online ketika telah memiliki hosting. Layanan hosting sendiri ada banyak yang bisa kamu pilih. Perusahaan layanan hosting biasanya memberikan penawaran yang menarik dengan harga yang murah dan terjangkau.

Salah satu layanan hosting yang bisa kamu gunakan adalah Niagahoster. Layanan hosting dari Niagahoster bisa dibilang menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Niagahoster juga kerap menawarkan promo hosting menarik seperti potongan harga yang besar-besaran atau ketika kamu membeli hosting akan mendapatkan domain gratis. Kamu bisa langsung cek sendiri dan pilih layanan hosting yang kamu inginkan.

Sebelum membahas tentang fungsi dari hosting web, kami akan menjelaskan kepada kamu beberapa jenis dari hosting web yang mungkin salah satu diantaranya menarik hati dan ingin kamu gunakan untuk website yang kamu kelola. Berikut ini adalah beberapa jenis web hosting yang bisa kamu gunakan sebagai lahan penyimpanan data dari website yang kamu kelola.

pxhere.com

1. Dedicated Server dan Colocation Server

Jenis hosting pertama adalah Dedicated Server dan Colocation Server. Secara umum, kedua jenis hosting ini sama peranannya. Yang menjadikan beda antara Dedicated Server dan Colocation Server adalah jika dedicated server menggunakan data center untuk komponen hardware miliknya. Sedangkan colocation server merupakan semua komponen di miliki sendiri.

Dedicated Server dan Colocation Server ini memiliki beberapa kelebihan. Beberapa kelebihan dari Dedicated Server dan Colocation Server ini antara lain adalah mempunyai akses root service, kamu bisa mengatur full spesifikasi untuk mengembangkan website, resource besar dan itu menjadi milik mu sendiri serta beberapa kelebihan yang lain.

2. VPS Hosting

Jenis hosting berikutnya adalah VPS Hosting. VPS Hosting adalah layanan hosting dimana server hosting fisik dipecah dan dibagi menjadi server hosting virtual yang nantinya akan digunakan dengan hak penuh untuk mengakses VPS Hosting tersebut. Layanan VPS Hosting ini memiliki beberapa kelebihan tersendiri dibanding dengan layanan hosting lain.

Kelebihan VPS Hosting ini antara lain adalah harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau, server vps yang dimiliki oleh kamu bisa kamu lakukan custom sesuai keinginan sendiri, VPS Hosting memiliki support system selama 24 jam nonstop dan juga kamu bisa melakukan akses root server sesuai keinginan.

3. Shared Hosting

Layanan hosting terakhir adalah Shared Hosting. Shared Hosting adalah kebalikan dari Vps Hosting. Shared Hosting merupakan sebuah layanan hosting yang digunakan secara bersama-sama oleh banyak orang dan masing-masing orang diberikan akses terbatas dan ketentuan tersebut diatur oleh pihak pengelola dari Shared Hosting.

Beberapa kelebihan dari layanan Shared Hosting ini antara lain adalah lebih hemat biaya karena sewa dari Shared Hosting ini yang paling murah diantara dua jenis hosting lain. Kelebihan dari Shared Hosting ini juga bisa diperbaiki oleh server apabila terdapat error system. Jadi, kamu tak perlu memperbaiki sendiri kerusakan tersebut.

pexels.com

Fungsi dari Hosting Web

Ada beberapa fungsi hosting web. Berikut ini adalah beberapa fungsi hosting web secara umum :

1. Sebagai link website

Fungsi pertama dari sebuah hosting web adalah untuk link akses menuju website. Sebuah website yang memiliki hosting akan terintegrasi dengan DNS. Dengan begitu website bisa lebih aman jika dibandingkan dengan situs web yang tidak memiliki hosting.

2. Website tetap online

Fungsi berikutnya dari sebuah hosting web adalah agar menjadikan website tersebut tetap online selama 24 jam. Karena pada umumnya penyedia layanan hosting seperti Niagahoster dan lain sebagainya memiliki full akses selama 24 jam sehingga tidak akan terjadi down atau website tiba-tiba mati.

3. Menyimpan data

Fungsi berikutnya yang menjadi fungsi utama dari hosting web adalah digunakan untuk menyimpan data. Data tersebut yang nantinya bisa diakses oleh pengunjung berupa konten tulisan, gambar, video dan lain sebagainya.

Nah itulah ulasan lengkap tentang fungsi hosting untuk sebuah website, baik website pribadi ataupun website profesional.