Posted on

Doa Sesudah Makan yang Wajib Anda Ketahui

Makan tentu menjadi salah satu kebutuhan primer pada manusia. Jika tidak makan, manusia bisa lemas kehilangan tenaga dan tidak mampu beraktivitas. Di dalam Islam, makan dan minum juga disebut sebagai salah satu kebutuhan dasar yang mana juga memiliki adab dan doa-doanya. Nah, bagi Anda yang ingin lebih barokah hidupnya dengan mengamalkan berbagai ajaran Islam, berikut ini ada ulasan tentang adab makan dan doa sesudah makan.

Manfaat Serta Adab Makan dan Minum dalam Islam

Seperti yang kita tahu, manusia tidak akan bisa menahan lapar dan haus hingga berbulan-bulan. Bahkan hanya dalam hitungan hari saja, tidak makan dan minum bisa berakibat buruk pada kesehatan dan tak jarang menyebabkan kematian. Inilah pentingnya makan dan minum yang menjadikan Islam pun mengaturnya sedemikian rupa agar para penganutnya hidup sejahtera dan selalu dalam limpahan ridho Allah SWT.

Di dalam Islam, setiap muslim wajib mengonsumsi makanan dan minuman yang dihalalkan dan diwajibkan juga menjauhi yang haram. Makanan halal adalah makan yang boleh dikonsumsi menurut syariat Islam yang mana berdasar tuntunan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Halal yang dimaksud adalah halal sejak dalam bentuk aslinya, halal dalam pengolahannya, dan juga halal dalam cara memperolehnya.

Adapun makanan haram adalah sebaliknya, yakni makanan yang tidak boleh dikonsumsi karena hanya mendatangkan kemudharatan dan memang dilarang oleh syariat Islam. Beberapa makanan yang diharamkan dalam Islam adalah darah, bangkai, daging babi, dan hewan-hewan yang matinya tidak atas nama Allah SWT. Untuk lebih jelas, lihat pada QS Al-Maidah ayat 3. Anda bisa melihat apa-apa saja yang diharamkan oleh Allah untuk dikonsumsi kaum muslim.

Memang bukan tanpa alasan mengapa muslim diwajibkan mengonsumsi makanan halal. Hal ini karena jenis makanan tersebut mendatangkan kebaikan, antara lai L

  1. Menjauhi Sumber Penyakit

Manfaat yang pertama adalah menjauhi sumber penyakit. Pada makanan halal ada begitu banyak kebaikan dan pada makanan haram ada begitu banyak keburukan, salah satunya adalah penyakit. Oleh karena itu, makan makanan halal sama halnya dengan menjaga tubuh dari penyakit. Selain itu, mengonsumsi makanan halal dapat membantu Anda tetap sehat baik hati dan akalnya.

  1. Sebagai Sumber Tenaga

Kedua, makanan halal juga bermanfaat sebagai sumber tenaga yang baik untuk tubuh. Sebut saja nasi, roti, daging sapi dan ayam, dan berbagai sumber makanan lainnya. Hal ini karena makanan halal akan menjadi daging dan darah, sementara makanan haram hanya akan mengalir saja dalam darah Anda.

  1. Memperbaiki Keturunan

Terakhir, mengonsumsi makanan halal juga dapat membantu Anda memperbaiki keturunan. Hal ini berkaitan dengan adanya dampak kesehatan buruk yang dibawa makanan haram. Ketika anak Anda diberi makanan haram, segala keburukan yang dibawa makanan ini akan merusak akhlak dan jiwa anak. Sebaliknya, makanan halal akan membentuk akhlak anak. Maka dari itu, Anda sudah pasti paham mengapa Allah murka jika ada orang tua yang tidak memberikan anak-anaknya makanan yang halal.

Beberapa poin di atas hanyalah segelintir dari manfaat mengonsumsi makanan halal. Ada begitu banyak kebaikan yang Allah berikan kepada hamba-nya yang taat. Tidak hanya ketenangan dalam kehidupan sehari-hari, namun juga kesehatan jasmani, rohani, dan selalu dilindungi dan diberi rezeki yang berkah.

Agar makanan yang dikonsumsi semakin mendatangkan banyak kebaikan, maka tidak ada salahnya Anda mengikuti adab makan dan minum yang dicontohkan Rasulullah. Pertama, Anda harus mencuci tangan sampai bersih sebelum menyentuh makanan. Kedua, jangan lupa berkumur dan membersihkan mulut dari kuman-kuman. Selanjutnya, baca basmalah untuk mulai makan dan baca hamdalah ketika selesai makan.

Selain itu, makan dan minum disunnahkan duduk, memakai tangan kanan, dan tidak tergesa-gesa. Anda harus menyuap makanan dengan tenang agar makanan tidak tercecer dan mubadzir. Selanjutnya, Anda juga disunnahkan untuk makan yang secukupnya, tidak sampai kenyang, dan tidak berbicara selama makan.

Doa Sesudah Makan

Selesai membaca ulasan tentang adab makan dan sebagainya, maka selanjutnya Anda harus membaca tentang doa yang harus dipanjatkan ketika selesai makan. Anda bisa melihatnya di banyak web, buku-buku kumpulan doa, atau lainnya.

Nah, disini pun Anda bisa melihat seperti apa doanya dan bagaimana terjemahannya. Adapun bacaannya adalah “Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin” yang diriwayatkan dalam H Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi. Doa ini sendiri berarti, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.”

Sesuai dengan terjemahannya dan manfaat-manfaat mengonsumsi makanan halal yang sudah dijelaskan di atas, maka memanjatkan doa selepas makan akan membuat kita paham akan arti bersyukur dari kenikmatan makan. Berdoa juga akan membantu kita memahami betapa besar kuasa yang Allah miliki dan betapa murah hati Ia dalam memberi rezeki kepada hamba-nya.

Demikian ulasan mengenai manfaat mengonsumsi makanan halal, jenis-jenis makanan haram, dan juga adab makan beserta doa sesudah makan. Jangan lupa untuk selalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari serta jangan pernah lupa untuk mengajari buah hati Anda. Semoga ulasannya bermanfaat.