Posted on

Mengintip 6 Desain Rumah Impian Estetik yang Bisa Anda Tiru

Setiap orang tentunya memiliki kriteria rumah idaman yang berbeda. Seperti desain indah, berada di lokasi yang strategis, memiliki luas yang cukup, hingga dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman. Gaya arsitektur rumah impian memang sangat beragam. Jika anda ingin membangun hunian idaman, yuk simak inspirasi desain estetik yang bisa anda terapkan seperti berikut!

Enam Desain Hunian Idaman Yang Estetik

  1. Desain Hunian dengan Gaya Arsitektur Belanda

Apakah anda pernah mendengar istilah hunian Belanda? Meskipun terpengaruh dari arsitektur barat, desain rumah Belanda sangat terkenal di Indonesia. Pasalnya, era kolonialisasi yang berlangsung di negara ini sebelum merdeka mewariskan berbagai nilai arsitektur yang masih memiliki banyak penggemar hingga zaman yang modern seperti ini.

Umumnya, arsitektur hunian bergaya kolonial menjadi sangat terkenal karena memadukan sentuhan modern dan klasik. Terlebih lagi, desain hunian ini menonjolkan detail dan pengolahan bentuk klasik yang elegan. Hal tersebut membuat banyak sekali orang yang menggandrungi desain arsitektur gaya Belanda.

Anda bisa mewujudkan hunian idaman dengan menggunakan desain yang simpel seperti Portico. Desain tersebut mengusung unsur minimalis, tetapi masih memberikan kesan klasik yang modern. Portico ini merupakan serambi bertiang atau beranda kecil yang ditempatkan di pintu utama.

Biasanya hal tersebut berfungsi sebagai pengganti teras dan digunakan sebagai jalan masuk utama. Agar lebih menonjolkan konsep arsitektur Belanda, maka anda bisa menambahkan beberapa elemen. Misalnya. Dengan menggunakan batu alam atau batu bata akan memperkuat kesan kolonial hunian idaman yang estetik.

  1. Desain Hunian Modern Bergaya Scandinavian

Hunian dengan konsep Scandinavian adalah desain yang mengusung gaya bangunan dari negara – negara di Eropa Utara, seperti Swedia, Denmark, dan Norway. Bangunannya dikenal sederhana serta didominasi dengan warna netral. Mulai dari warna putih, cokelat, abu – abu, dan hitam.

Jika anda ingin membangun rumah impian yang mengusung konsep tersebut, kuncinya adalah menggunakan pilihan warna netral. Selain itu ruang yang lapang dengan furnitur yang terbatas juga menjadi poin utama desain Scandinavian. Tidak hanya itu saja, sistem pencahayaan hunian ini juga mengandalkan cahaya natural dari sinar matahari.

Scandinavia merupakan desain modern yang memiliki jendela besar untuk memberikan kesan yang tidak ada batasan antara luar dan dalam ruangan. Desain eksterior yang berbentuk kotak tampak rapi dengan aksen yang ada di atap samping dengan bentuk segitiga. Untuk menonjolkan desain ini, anda bisa menambahkan taman di depan hunian.

Konsep utama desain ini untuk meningkatkan estetika dan mempermudah pemilik hunian menjalani kehidupan sehari – hari. Maka dari itu, anda harus memilih jumlah furnitur rumah yang sesuai dengan kebutuhan saja. Artinya, anda harus meletakkan beberapa kursi, meja dan hiasan dinding untuk melengkapi interior hunian

  1. Desain Hunian Ala Kolonial Amerika

Desain eksterior hunian gaya Amerika memiliki bentuk simetris dengan aksen yang unik. Konsep ini akan mengacu pada ciri pedesaan yang alami. Sehingga akan memberikan kesan lebih simpel dan hangat secara keseluruhan. Konsep ini bisa diterapkan dengan menonjolkan penggunaan jendela, pintu, dan profil pada plafon.

Konsep ini berbeda dengan gaya Scandinavian yang cenderung mengurangi penggunaan perabot dan mementingkan fungsionalnya. Gaya Amerika lebih mengusung pemakaian furnitur dengan ukuran besar. Tujuannya adalah untuk menonjolkan kesan mewah dan elegan di dalam hunian.

Sedangkan penerapan desain interior hunian ala Amerika pada bagian lantai juga memiliki ciri khas khusus. Gaya lantai dalam desain tersebut menggunakan garis lurus dan simetris. Biasanya lantai memakai motif garis vertikal atau horizontal pada material seperti marmer. Pemakaian material tersebut akan memberikan kesan elegan.

Selain itu, salah satu penanda lain yang dimiliki desain rumah impian ala Amerika ditentukan dari pemilihan tone yang lembut. Misalnya, warna cokelat muda, putih, hingga cokelat tua. Warna tersebut bisa dipadukan dengan pemilihan material yang  berasal dari alam, seperti batu, kayu, hingga marmer. Desain lengkapnya bisa anda akses melalui gabdearq.com.

  1. Desain Hunian Idaman Gaya Mediterania

Hunian mewah bergaya Mediterania termasuk ke dalam daftar hunian idaman bagi banyak orang. Desainnya yang penuh dengan detail geometris, dilengkapi dengan dekorasi yang cantik dan menawan. Salah satu yang menjadi ciri khas hunian bergaya ini adalah bentuk atapnya yang bulat dan melingkar di satu bagiannya.

Biasanya, atap rumah berbentuk ala Mediterania ditempatkan pada lantai dua atau sebagai penutup balkon. Sedangkan bentuk atap lainnya berbentuk segitiga dengan ketinggian yang tidak terlalu menjulang. Anda bisa menggunakan desain ala Mediterania jika ingin menampilkan kesan mewah dan megah sekaligus.

Selain itu, konstruksi hunian bergaya Mediterania sama seperti desain rumah yang ada di Indonesia. Namun untuk sentuhan akhir, dinding eksteriornya menggunakan bebatuan alam. Dengan menggunakan bebatuan tersebut, maka hunian akan tampak lebih elegan. Tentunya hal ini akan semakin lengkap dengan kehadiran pilar yang berdiameter besar dan kokoh.

  1. Desain Hunian Idaman Bergaya Minimalis

Hunian dengan desain minimalis sangat digandrungi sebagian orang, terutama oleh pasangan muda dan generasi muda.  Konsep hunian ini menonjolkan keindahan yang simpel, bersih dan rapi. Sebab, tujuan konsep gaya minimalis adalah mencapai desain hunian yang lebih efektif dan efisien melalui warna, bentuk, detail, dan ruang.

Untuk membuat hunian idaman yang mengusung tema ini, anda bisa menggunakan kabinet dan detail akhir yang sederhana. Misalnya, anda bisa memilih warna putih untuk menampilkan visual yang bersih. Tidak perlu memerlukan dekorasi rumah yang berlebihan. Anda hanya perlu meletakkan beberapa furnitur yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Desain Hunian Idaman Sederhana Ala Desa

Apakah anda termasuk orang yang ingin memiliki rumah impian dengan lingkungan asri dan udara segar? Desain hunian ala pedesaan bisa dibangun dengan menggunakan atap limasan. Selain itu, lengkapi dengan pekarangan taman bunga yang warna warni. Untuk sentuhan akhir, selaraskan dinding rumah anda dengan warna taman.

Itulah beberapa desain estetik hunian yang bisa anda contoh. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan selera yang dimiliki. Jika menyukai konsep dengan detail kompleks, hunian ala Mediterania dan Belanda bisa menjadi solusi yang tepat. Sedangkan jika ingin mengusung hunian sederhana bisa memilih desain ala desa, Scandinavian, dan minimalis.