Posted on

Fakultas  Serta Daftar Jurusan Di UNRI Tahun 2020

 

Kampus-kampus terbaik yang ada di Indonesia saat ini memang sudah tidak perlu lagi diragukan kualitas. Kampus tersebut yang dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik adalah universitas Riau atau UNRI. Salah satu universitas terbaik yang dimiliki oleh Indonesia ini punya segudang fakultas dan jurusan dengan program akreditasi yang tak kalah lengkap dengan kampus lain. Kampus ini dikenal luas oleh masyarakat berkat banyak prestasi yang diraih.

Profil Universitas Riau

UNRI merupakan salah satu universitas negeri yang terletak di Pekanbaru, provinsi Riau. Berdiri sejak tahun 1962, universitas tersebut sedang mengadakan pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2020. Sistem pendaftaran bisa melalui jalur online dengan mengikuti SNMPTN atau program lain yang disediakan oleh universitas ini. Dengan fakultas terbaik dan juga jurusan yang beragam membuat kampus ini dilirik banyak pihak tak hanya siswa dari kalangan Pekanbaru saja. Awal universitas ini didirikan atas keinginan masyarakat serta pemerintah daerah untuk memiliki perguruan tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan anak-anak sekitar kawasan tersebut. Akan tetapi lama perkembangan universitas ini menjadi sebuah universitas negeri yang diakui oleh nasional dan menjadi pilihan masyarakat. Sejak tahun 1963 yang berarti telah lebih dari setengah abad universitas ini berdiri. Dengan jurusan dan akreditasi yang sudah berpengalaman tentunya membuat kampus tersebut jadi sangat menjunjung tinggi kualitas dan outputnya.

Fakultas Serta Jurusan Universitas Negeri Riau

Fakultas yang disediakan oleh perguruan tinggi ini sangat lengkap, mulai dari fakultas kedokteran, ilmu sosial dan politik, teknik, perikanan dan ilmu kelautan, keguruan dan ilmu pendidikan, hukum, ekonomi, study ilmu keperawatan, matematika dan ilmu pengetahuan alam, pasca sarjana serta program doktoral.

Fakultas kedokteran hanya punya satu jenis jurusan saja yaitu S1 pendidikan dokter saja sedangkan untuk fakultas lain seperti ilmu sosial dan politik punya beberapa jurusan D4 dan S1. D4 pada fakultas ini hanya jurusan pariwisata saja sedang yang lain seperti administrasi negara, administrasi niaga, ilmu pemerintahan, ilmu hubungan internasional, sosiologi dan ilmu komunikasi semuanya merupakan program S1 dari universitas ini.

Fakultas perikanan dan ilmu kelautan juga jadi bagian yang tak terpisahkan dari perguruan tinggi ini. Jurusan yang bisa diambil adalah S1 teknologi hasil perikanan, sosial ekonomi perikanan, manajemen sumberdaya perairan, budidaya perairan, pemanfaatan sumberdaya perairan dan ilmu kelautan.

Fakultas yang paling banyak punya program keahlian adalah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Semua program yang diberikan sudah masuk program S1 untuk bidang keahlian biologi, fisika, kimia, matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Jepang, ekonomi, Pancasila dan kewarganegaraan, sejarah, pendidikan luar biasa, pendidikan konseling, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan anak usia dini, jasmani kesehatan dan rekreasi serta pendidikan kepelatihan olahraga.

Fakultas hukum serta program studi ilmu keperawatan hanya memiliki satu jurusan khusus yaitu S1 ilmu hukum dan S1 ilmu keperawatan. Di samping itu, fakultas teknik juga menyumbangkan banyak mahasiswa berprestasi bagi universitas ini. Terdapat 4 program jurusan D3 yaitu D3 teknik sipil, teknik kimia, teknik mesin dan teknik elektro. Program S1 juga bisa didapat melalui fakultas ini diantaranya S1 teknik sipil, teknik kimia, teknik mesin, teknik elektro, teknik lingkungan, teknik arsitektur dan teknik informatika.

Satu fakultas lagi yang juga menjadi incaran banyak pihak adalah fakultas ekonomi. Dimana saja fakultas ini ada pasti sangat diminati sebab masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa fakultas tersebut punya nilai lebih di masyarakat. S1 fakultas ekonomi meliputi akuntansi, manajemen, ekonomi pembangunan serta D3 perpajakan dan akuntansi.

Fakultas pertanian juga memiliki program terunggul seperti S1 agroteknologi, agribisnis, teknologi hasil pertanian hingga S1 kehutanan. Fakultas ini juga bersaing ketat dengan jumlah mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam. Fakultas ini punya program D3 dan S1 yang juga sangat favorit di masyarakat. Kimia terapan, manajemen informatika merupakan program khusus D3 yang dossdu fakultas ini. Untuk jurusan matematika, fisika, kimia, biologi dan sistem informasi semuanya menggunakan program sarjana.

Yang tak boleh ketinggalan adalah program pasca sarjana dan doktoral yang dimiliki oleh universitas Riau ini. Terdapat satu program doktoral yaitu ilmu lingkungan dan program magister yang mana meliputi magister manajemen, magister sains manajemen, magister sosiologi, magister ilmu lingkungan, magister ilmu administrasi, magister ilmu politik, magister akuntansi, magister kimia, magister manajemen pendidikan, magister agribisnis, magister ilmu pertanian, magister matematika, magister teknik sipil, magister teknik kimia, magister ilmu kelautan dan magister ilmu hukum.

Fakultas terbaik yang dimiliki oleh universitas Riau di Pekanbaru ini punya akreditasi terbaik yang akan memberikan kualitas bagi setiap mahasiswa yang memilih jurusan-jurusan tersebut. Dari sekian banyak jurusan, semua memiliki kuota tersendiri dan calon pendaftar yang akan bergabung dengan via online bisa melihat kuota yang diberikan oleh kampus pada satu jurusan tertentu. Pastikan jurusan atau ilmu yang akan dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan sehingga hasil yang akna didapat juga bisa maksimal. Universitas yang sudah tak perlu lagi diragukan ini bisa jadi pilihan kamu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.