Posted on

Ciri-Ciri Burung Dara Yang Bagus

Bagi para penghobi burung dara, kegiatan untuk memilih burung dara yang bagus tentulah sangat mengasyikkan. Dalam menentukan burung dara yang bagus kebanyakan membutuhkan pengalaman serta feeling yang kuat. Saat kita memilih burung dara ini harus dilakukan dengan baik caranya adalah dengan meraba, melihat serta merasakan.

Dibawah ini adalah ciri-ciri burung dara yang bagus yang harus kamu beli :

Kepala

Ciri pertama dari burung dara yang bagus mempunyai struktur seperti pesawat yang berbentuk lancip, atau yang lebih dikenal dengan curut. Bentuk kepala curut ini sangat ideal yang bisa membuat aliran udara tidak mengalami hambatan saat melakukan manuver.

Mata

Kita juga harus memperhatikan mata dengan baik, terutama pada bagian pupilnya. Pastikan pupil harus merespon sinar matahari dengan baik. Caranya adalah dengan menghadapkan burung dara pada sinar matahari, perhatikan pupilnya, pastikan pupil akan tampak mengecil. Pupil ini akan kembali normalĀ  jika merpati tidak diarahkan ke sinar matahari.

Bulu

Pilihlah bulu burung dara yang sehat. Ini ditandai dengan warnanya yang berkilauan jika terkena sinar matahari. Selain itu kita juga harus memilih bulu burung dara yang kering,lembut dan tebal.

Sayap

Apabila kita sudah lama memiliki hobi memelihara burung dara, pastilah sudah tahu untuk memilih pangkal sayap dan bahu yang bagus.

Bagi para pemula memilih sayap burung dara yang bagus biasanya dilakukan dengan cara membuka dan menutup sayap burung dara.

Kaki

Kaki burung dara yang bagus terlihat kering bersisik, panjang dan kuat. Untuk mengecek apakah kaki burung dara tersebut kuat adalah dengan menaikkan dan menurunkan burung atas bawah dengan menggunakan landasan telapak tangan.

Ekor

Pemilihan ekor yang baik haruslah memiliki bulu ekor yang tebal, rapat sekaligus panjang.

Leher

Burung dara yang bagus mempunyai ciri leher kuat dan tidak terlalu panjang, tegak, kecang serta mendongak ke atas.

Hidung

Ciri selanjutnya adalah bentuk paruh yang runcing pada ujungnya serta tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang.

Itulah beberapa ciri-ciri burung dara yang bagus. Kitapun juga bisa terus mengasah kemampuan dalam memilih burung dara.