Posted on

Cara Unreg Kartu yang Hilang Dengan Mudah

Kartu dan HP merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini karena kartu tersebut berada di dalam HP. Jadi apabila HP kamu hilang, maka secara otomatis kartu kamu juga ikut hilang. Memang kehilangan adalah sesuatu yang sangat menyebalkan.

Apabila kehilangan HP maka seluruh data di HP kamu akan hilang. Begitu juga dengan nomor telepon kamu, takutnya ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan disalahgunakan. Kamu perlu melakukan unreg kartu kamu agar data identitas kamu tidak disalahgunakan. Cara unreg kartu yang hilang akan dibahas dalam artikel ini.

Cara Unreg Kartu yang Hilang

Pixabay.com

Adanya peraturan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengharuskan melakukan registrasi menggunakan data diri berupa NIK dan nomor KK, sedikit banyak menimbulkan kontroversi. Peraturan tersebut juga menetapkan bahwa satu NIK hanya bisa untuk tiga nomor dalam satu provider.

Hal tersebut dinilai mampu menurunkan omset pengusaha konter pulsa. Ada juga keluhan terkait data pribadi yang digunakan untuk registrasi. Terutama saat kartu hilang dan ternyata ditemukan oleh orang lain. Pastinya secara otomatis orang yang menemukan kartu tersebut memiliki data kita.

Menjadi kekhawatiran jika data tersebut digunakan untuk melakukan kejahatan dan tindak kriminal. Hal itu pasti sangatlah merugikan bagi si pemilik data tersebut dan juga kamu hanya sisa 2 kesempatan melakukan registrasi.

Untuk itu, kamu perlu melakukan unreg kartu kamu yang hilang tersebut. Ketika kamu melakukan unregistrasi maka fungsi dari kartu tersebut akan hilang dan kamu tidak bisa melakukan aktivitas apapun menggunakan kartu itu. Cara unreg kartu yang hilang adalah sebagai berikut.

1. Unreg kartu Indosat Ooredoo

Untuk melakukan unreg kartu Indosat Ooredoo, kamu bisa melakukannya dengan mengirim SMS ke 4444 dengan format UNPAIR#NoHP. Kamu bisa melakukan pengecekkan berapa kali NIK kamu telah digunakan dengan melakukan SMS ke 4444 dengan format INFO#NIK. Kamu juga bisa mengunjungi situs web Indosat dengan alamat : https://myim3.indosarooredoo.com/registration/.

2. Unreg kartu XL

Apabila kamu ingin melakukan unregistrasi kartu XL, kamu bisa melakukan dial ke *123*4444# lalu ikuti instruksi dan pilih pada pilihan untuk unreg. Kamu juga bisa melakukan unreg melalui SMS dengan mengetikkan UNREG#NoHP# lalu SMS tersebut dikirimkan ke 4444.

3. Unreg kartu Axis

Cara unreg kartu Axis sama dengan kartu XL yaitu melalui dial ke *123*4444# atau juga melalui SMS ke 4444 dengan format UNREG#NoHP#.

4. Unreg kartu Telkomsel

Unreg kartu Telkomsel juga bisa kamu lakukan melalui SMS dengan cara ketik UNREG#NoHP lalu kirimkan SMS tersebut ke nomor 444. Selain itu bisa juga dengan cara melakukan dial ke nomor *444# setelah itu tekan angka 3 dan isikan NIK kamu lalu tekan “Ok”.

Selain itu, bisa juga bisa melakukan pengecekkan berapa kali NIK kamu sudah digunakan dengan mengunjungi website Telkomsel di https://telkomsel.com/cek-prepaid. kamu perlu memasukkan nomor HP dan NIK. Kamu klik pada tombol “dapatkakn password” lalu masukkan kode 4 digit yang dikirimkan ke nomor kamu melalui SMS. Kamu tinggal klik pada “Cek nomor saya” untuk melakukan pengecekkan.

5. Unreg kartu 3

Jika kamu ingin mengetahui cara unreg kartu 3, kamu bisa mengunjungi situs web 3 di alamat https://registrasi.tri.co.id/, lalu kamu pilih “Unreg”. Kamu tinggal ikuti langkah yang tersedia dan mengisikan sejumlah data seperti NIK dan nomor KK.

Selain kamu unreg kartu yang hilang, kamu perlu untuk memblokirnya secara permanen sehingga sudah tidak bisa digunakan lagi. Untuk memblokir kartu dari tiap – tiap provider dapat dilakukan dengan cara :

1. Blokir kartu XL

Untuk melakukan pemblokiran kartu XL, kamu perlu mendatangi XL Center terdekat di daerah kamu. Selain itu kamu juga bisa menghubungi Call Center XL di 817 (dengan nomor XL), atau melalui 021-57959817 (dengan nomor lain).

2. Blokir kartu Telkomsel

Pemblokiran kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan mengunjungi GraPari terdekat di daerah kamu. Persyaratan yang harus disiapkan yaitu kartu identitas KTP dan fotokopi Kartu Keluarga. Data tersebut akan dicocokkan dengan data pada saat registrasi kartu SIM kamu.

3. Blokir kartu Indosat Ooredoo

Cara memblokir kartu Indosat hampir sama dengan Telkomsel yaitu dengan mengunjungi Gerai Indosat yang terdekat di daerah kamu dan membawa persyaratan berupa kartu identitas dan fotokopi Kartu Keluarga.

4. Blokir kartu 3

Pixabay.com

Untuk melakukan pemblokiran kartu 3, kamu perlu menyiapkan sejumlah data yaitu identitas lengkap, daftar kontak, dan riwayat telepon. Kamu bisa menelepon call center 3 di 123 atau 089644000123. Pihak 3 akan melakukan verifikasi data tersebut.

Kamu juga akan dihubungkan ke petugas customer service dan kamu bisa menyampaikan permasalahan dan permintaan kamu untuk melakukan pemblokiran kartu 3 kamu. Saat verifikasi data. Customer service akan memberikan beberapa pertanyaan, kamu hanya perlu menjawabnya dengan data yang diminta.

Itulah beberapa cara unreg kartu yang hilang, mengecek pemakaian NIK, dan memblokir kartu kamu. Jika kamu kehilangan kartu kamu, kamu tidak perlu panik dengan penyalahgunaan data oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kamu bisa langsung melakukan unregistrasi dan pemblokiran terhadap kartu kamu.