Posted on

Cara Pancing Rayap Agar Keluar Dari Sarang

Mempunyai masalah dengan hama rayap? Jika iya maka anda tidak bisa membiarkan rayap tersebut ada begitu saja di rumah anda. Keberadaan dari rayap memang sangat menganggu bahkan bisa merugikan. Rayap merupakan salah satu hama yang sangat suka memakan barang berbahan dasar kayu. Apapun itu bentuk barangnya jika menggunakan bahan dasar kayu maka akan dimakan habis oleh rayap. Wajar saja jika anda sangat sering menemukan hama ini di kayu – kayu yang telah lapuk. Adaptasi dari rayap sendiri adalah mencari flagellata sehingga bisa memudahkan para rayap untuk mengkonsumsi kayu.

Hama rayap ini bisa masuk ke dalam rumah melalui udara dan juga tanah. Jika dinding di rumah anda ada yang retak biasanya retakan itu akan dijadikan sebagai jalur rayap untuk berpindah ke tempat yang lain. Alangkah baiknya jika anda mulai mengecek keadaan yang ada di rumah anda, jangan sampai rumah anda mempunyai banyak sela yang bisa dimanfaatkan rayap untuk masuk ke dalam rumah. Keberadaan dari rayap memang tidak bisa dibiarkan begitu saja, hal ini membuat orang ramai – ramai untuk membasmi rayap. Tentunya hama rayap sangat merugikan bagi semua orang. Membasmi rayap memang tidak bisa dilakukan dengan mudah dan terkadang membutuhkan waktu untuk pembasmiannya dan membutuhkan kesabaran untuk bisa benar – benar membuat hama tersebut tidak muncul lagi di rumah.

Lalu bagaimana ketika rayap sudah terlanjur ada di dalam rumah? Jika rayap sudah muncul di rumah anda maka anda bisa mulai membasminya. Ada beberapa cara untuk memancing rayap tersebut keluar dan meninggalkan sarangnya. Ulasan kali ini akan membahas mengenai cara – cara tersebut sehingga bisa mulai anda terapkan. Satu hal yang perlu anda ingat bahwa membasmi rayap tidaklah mudah terutama jika menggunakan bahan yang alami. Buatlah rayap tidak nyaman dengan sayangnya sehingga akan keluar dan meninggalkan sarang tersebut selamanya.

Cara memancing rayap yang pertama adalah dengan memperbanyak jumlah ventilasi udara yang ada di rumah. Keberadaan dari ventilasi ini tidak hanya sekedar memberikan udara yang baru di dalam ruangan namun bisa untuk pemenuhan cahaya matahari. Keberadaan dari ventilasi ini memungkinkan untuk membuat ruangan tidak lembab dan rayap tidak akan datang lagi ke tempat itu. Cara pertama ini menjadi cara yang paling jitu untuk bisa mengusir hama rayap.

Cara yang ke dua adalah jangan sampai ada genangan air. Tahukah anda bahwa rayap sangat menyukai tempat yang lembab? Hal ini harus anda perhatikan dengan baik. Pasalnya jika ada genangan air yang anda diamkan maka lama kelamaan genangan air tersebut akan menjadi tempat tinggal bagi rayap. Selain itu perhatikan juga mengenai ranting pohon yang kering. Biasanya di halaman akan banyak ranting pohon kering yang berserakan. Ranting – ranting yang kering tersebut harus anda buang dengan begitu tidak akan ada rayap yang datang ke tempat tersebut.

Cara yang ke tiga adalah tata rapi buku anda. Bagi anda yang mempunyai hobi membaca pastinya mempunyai jumlah buku yang sangat banyak. Disini anda harus bisa menata rapi buku – buku tersebut agar bisa terhindar dari adanya rayap. Keberadaan dari buku yang tertumpuk lama dan kotor maka akan membuat rayap berdatangan, sehingga jika anda ingin membasmi rayap caranya sangat mudah hanya perlu menata buku maupun kertas yang anda miliki.

Cara ke empat adalah dengan memanfaatkan cara sederhana yang ada. Membuat rayap agar bisa keluar dari sarangnya cukup mudah menggunakan cara sederhana berikut ini. Caranya adalah bisa memanfaatkan kapur barus dengan berbagai campuran, menggunakan baygon, menggunakan air sabun, menggunakan air cucian beras, dan masih ada banyak cara sederhana yang ampuh untuk mengusir hama rayap. Contohnya adalah penggunaan kapur baru. Penggunaan kapur barus untuk hama rayap sangat mudah untuk dilakukan yakni tinggal menaburkan kapur barus yang sudah dihaluskan pada beberapa tempat yang anda curigai sebagai sarang rayap.

Empat cara diatas kini bisa mulai anda terapkan sendiri di rumah. Cara – cara di atas termasuk cara yang paling sederhana dan mudah untuk anda coba. Selain ke empat cara tersebut sebenarnya masih ada beberapa cara lain untuk bisa membuat rayap meninggalkan sarangnya. Perlu anda tahu bahwa rayap hidup secara berkoloni, wajar saja jika anda sering menemukan rayap dengan jumlah yang sangat banyak. Anda bisa memilih cara yang paling mudah untuk anda terapkan.

Memutus mata rantai dari rayap memang tidak mudah untuk dilakukan. Bayi – bayi rayap akan terus dilahirkan oleh ratu rayap. Jika keberadaan dari rayap terus dibiarkan begitu saja maka bisa membuat barang – barang berbahan kayu yang anda miliki rusak. Cara ampuh yang sering digunakan oleh orang yang ingin membasmi rayap adalah jasa pembasmi rayap. Setidaknya anda harus menggunakan jasa pest control 3 – 6 bulan untuk membuat hama rayap tidak ada di rumah anda. Jasa tersebut memang sangat menguntungkan untuk anda gunakan mengingat tidak mudah untuk membasmi rayap dalam waktu yang singkat.